Pembahasan mengenai Ajaran Andereas Samudera tentang Dunia Orang Mati

oleh : Pdt. Budi Asali M.Div.


Kesimpulan / penutup

 

 

1)   Ajaran Andereas Samudera ini merupakan ajaran sesat.

Andereas Samudera mendasarkan ajarannya pada ayat yang salah terjemahan (seperti Im 20:27), dan juga pada ayat-ayat sukar yang kabur tafsirannya (seperti 1Pet 3:18-20, 1Pet 4:6, dan 1Sam 28), sehingga menimbulkan ajaran yang sesat.

Andereas Samudera: “Buku Dunia Orang Mati ini adalah jenis makanan keras yang tidak cocok bagi orang Kristen baru” - ‘Dunia Orang Mati’, hal 8.

Mungkin sebaiknya kalimat itu diganti dengan kata-kata ini: “Buku Dunia Orang Mati ini adalah jenis racun keras yang tidak cocok bagi orang Kristen baru maupun lama”.

‘Hasil pelayanan’nya yang banyak, yang kelihatannya diceritakan oleh Andereas Samudera untuk membuktikan bahwa pelayanannya memang berasal dari Tuhan dan diberkati oleh Tuhan, sama sekali tidak bisa dijadikan bukti bahwa ajarannya adalah ajaran yang benar.

Perlu saudara ingat bahwa gereja-gereja yang sesat, seperti Saksi Yehovah, Mormon, dsb, juga bisa berkembang. Agama-agama lainpun juga bisa berkembang. Dan dukun-dukun yang menggunakan kuasa gelap juga bisa menyembuhkan orang dan menghasilkan banyak ‘hasil pelayanan’. Apakah ini membuktikan kebenaran mereka dan apakah ‘hasil pelayanan’ ini merupakan berkat dari Tuhan?

Kalau metode Andereas Samudera ini tidak sesuai Alkitab, tetapi tetap bisa memberikan ‘hasil yang baik’, maka ‘hasil’ itu pasti bukan dari Tuhan. Kalau begitu dari siapa? Pasti ‘hasil’ itu merupakan berkat setan! Mengapa setan mau memberkati? Supaya lebih banyak orang percaya pada ajaran dan praktek sesat ini! Kitab Suci, dan bukan ‘hasil pelayanan’, yang harus dijadikan patokan / standard untuk menentukan apakah suatu ajaran / praktek itu benar atau sesat.

Jadi, jangan terpaku melihat ‘hasil pelayanan’ Andereas Samudera. Ajaran / praktek ini bertentangan dengan Kitab Suci, dan karena itu harus dicap sebagai sesat!

Bagi Andereas Samudera sendiri, saya ingin memberikan peringatan yang saya ambil dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri dalam:

·        Mat 18:7 - “Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya”.

·        Luk 17:1-2 - “Yesus berkata kepada murid-muridNya: ‘Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. Adalah lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu ia dilemparkan ke dalam laut, dari pada menyesatkan salah satu dari orang-orang yang lemah ini”.

Hendaklah Andereas Samudera merenungkan kata-kata Yesus ini dan bertobat!

2)   Ajaran Andereas Samudera ini sangat berbahaya.

Bahaya terbesar dari ajaran Andereas Samudera ini adalah bahwa ajaran ini akan menyebabkan orang menunda pertobatan dan penginjilan, dan ini merupakan suatu bentuk penipuan setan terhadap manusia supaya manusia menunda pertobatan / penginjilan.

Karena itu kalau saudara belum sungguh-sungguh percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, janganlah terpengaruh oleh ajaran Andereas Samudera. Cepatlah datang dan percaya kepada Kristus! Besok mungkin sudah terlambat!

Dan kalau ada keluarga / orang yang saudara cintai yang belum percaya kepada Kristus, janganlah menunda-nunda dalam memberitakan Injil kepadanya dan berharap bahwa orang itu bisa mendengar Injil setelah ia mati. Saudaralah yang harus memberitakan Injil kepadanya, dan lakukan itu secepatnya sebelum terlambat!

 

 -AMIN-


e-mail us at golgotha_ministry@yahoo.com