Bagaimana menaklukkan Saksi Yehovah ?

oleh : Pdt. Budi Asali M.Div.


SAKSI YEHOVAH I

SEJARAH, TOKOH2, & BAHAYANYA SAKSI YEHOVAH

A) Sejarah Saksi Yehovah dan tokoh-tokohnya:

1) Charles Taze Russel:

2) Joseph Franklin Rutherford:

3) Nathan Homer Knorr:

B) Bahayanya Saksi Yehovah:

1) Mereka mirip Kristen!

a) Mereka selalu mengaku diri sebagai orang kristen, dari gereja kristen, yang berkeliling untuk memberitakan 'Injil'.

Mereka tidak pernah mengaku diri sebagai Saksi Yehovah, kecuali kalau kita sudah mengetahui hal itu dan lalu mendesak mereka dengan pertanyaan: "Apakah kamu Saksi Yehovah?".

Mereka juga selalu mengaku bahwa gereja mereka adalah gereja kristen 'tanpa merk', karena pada waktu ditanya 'Saudara dari gereja mana?', mereka biasanya menjawab: 'Gereja Kristen'. Bahwa semua orang Saksi Yehovah bisa membiasakan diri berdusta semacam demi-kian, adalah sesuatu yang tidak bisa saya mengerti!

Mereka selalu pergi berdua untuk memberitakan 'Injil', biasanya yang satu senior dan yang lain yuniornya yang sedang dilatih untuk memberitakan 'Injil'.

Ini ciri khas mereka, dan ini perlu kita ingat supaya kita bisa mengenali orang-orang Saksi Yehovah!

b) Mereka juga menggunakan Kitab Suci kita (sekalipun mereka mempunyai Kitab Suci sendiri yaitu NEW WORLD TRANSLATION) dan secara teoritis mereka mengakui Kitab Suci sebagai Firman Allah.

c) Lembaga penerbitan mereka disebut 'Perkumpulan Siswa-siswa Alkitab'; dulu letaknya di Batuceper no 47, Jakarta. Sekarang sudah tidak lagi di sana, karena sekarang di Indonesia mereka termasuk organisasi terlarang, karena mereka beranggapan bahwa semua pemerintah berasal dari setan.

2) Ajaran Saksi Yehovah kelihatannya lebih sederhana dan lebih mudah diterima oleh akal, dibandingkan dengan ajaran kristen (khususnya tentang Allah Tritunggal).

Ini menyebabkan banyak orang kristen yang dari dulu selalu bingung / tidak mengerti tentang doktrin Allah Tritunggal, lalu menjadi pengikut mereka.

Penerapan:

Karena itu, kalau selama ini saudara adalah orang kristen yang malas belajar doktrin, khususnya doktrin Allah Tritunggal, bertobatlah dari kemalasan saudara, sebelum saudara disesatkan oleh nabi-nabi palsu yang saat ini banyak terdapat! Ingat bahwa penyesatan selalu berhubungan dengan doktrin, sehingga orang kristen yang lemah dalam hal doktrin adalah orang yang paling mudah disesatkan!

3) Orang-orang Saksi Yehovah diindoktrinasi kuat sekali (ini menyebabkan orang Saksi Yehovah sukar sekali bertobat), dan mereka dipersiapkan secara khusus untuk menghadapi orang kristen, karena mereka ber-anggapan bahwa Gereja Kristen berasal dari setan. Sebaliknya, jarang ada gereja / hamba Tuhan yang menyiapkan jemaatnya untuk bisa menghadapi orang Saksi Yehovah, sehingga dalam perdebatan antara orang kristen dengan orang Saksi Yehovah, hampir selalu orang Saksi Yehovahnyalah yang menang!

Pada tahun 1969, ada 100 orang Saksi Yehovah ditanyai, dan ternyata 61 orang dari mereka menjadi Saksi Yehovah setelah dewasa, dan 41 orang di antara 61 orang tersebut, dulunya adalah orang kristen.

Penerapan:

Tetapi disamping itu saudara juga harus banyak belajar Alkitab secara umum, bukan hanya yang berhubungan dengan Saksi Yehovah!

4) Saksi Yehovah adalah yang paling cepat bertumbuh dari semua bidat.

Dari tahun 1942-1952 (hanya dalam 10 tahun!) jumlah orang-orang Saksi Yehovah meningkat secara luar biasa:

Pikirkan: dimana ada bidat, atau bahkan gereja kristen, yang bisa bertumbuh secepat itu dalam hal kwantitas?

Kalau saudara mungkin bertanya: 'Mengapa mereka bisa bertumbuh begitu pesat?', maka salah satu jawabnya adalah karena orang Saksi Yehovah tidak membedakan antara Pendeta dengan orang awam. Semua orang Saksi Yehovah dilatih untuk memberitakan 'Injil' dan 65 % anggota-anggota Saksi Yehovah aktif memberitakan 'Injil' (bandingkan dengan orang kristen yang menurut statistik hanya 0,5 % yang memberitakan Injil).

Penerapan:

Gereja-gereja kristen seharusnya belajar dari hal ini, dengan cara:

Seorang yang bernama Daniel Webster berkata sebagai berikut:

"If religious books are not widely circulated among the masses in this country, I do not know what is going to become of us as a nation. If truth be not diffused, error will be; if God and His Word are not known and received, the devil and his works will gain the ascendancy; if the evangelical volume does not reach every hamlet, the pages of a corrupt and licentious literature will; if the power of the Gospel is not felt throughout the length and breadth of the land, anarchy and misrule, degradation and misery, corruption and darkness, will reign without mitigation or end" (= kalau buku-buku agama / rohani tidak beredar secara luas di antara rakyat dalam negara ini, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada kita sebagai bangsa. Kalau kebenaran tidak disebarkan, maka kesalahanlah yang akan tersebar; kalau Allah dan FirmanNya tidak diketahui / dikenal dan diterima, setan dan pekerjaannya akan mendapatkan kekuasaan / pengaruh; kalau buku-buku injili tidak mencapai setiap desa, halaman-halaman yang jahat dan literatur yang tidak bermoral akan mencapainya; kalau kuasa Injil tidak dirasakan diseluruh lebar dan panjang negara ini, maka anarkhi dan pemerintahan yang salah, keburukan dan kesengsaraan, korupsi / kejahatan / kecurangan dan kegelapan, akan memerintah tanpa pengurangan atau akhir).

Semoga kata-kata ini bisa mendorong setiap orang kristen, terlebih lagi setiap hamba Tuhan, untuk lebih giat dalam memberitakan Injil / Firman Tuhan. Mengapa? Karena memang salah satu alasan yang menyebabkan ajaran sesat seperti Saksi Yehovah bisa tersebar, adalah karena banyak orang kristen maupun hamba Tuhan yang tidak / kurang memberitakan Injil / Firman Tuhan!

Seorang yang bernama Edmund Burke berkata:

"All that is necessary for the triumph of evil is that good men do nothing" (= semua yang dibutuhkan supaya kejahatan menang adalah bahwa orang-orang yang baik tidak melakukan apa-apa) - dikutip dari buku Saat Teduh 'Streams in the Desert', vol 2, June 13.

5) Orang Saksi Yehovah menggunakan literatur dengan luar biasa hebatnya. Tidak ada agama atau bidat lain di seluruh dunia yang bisa menandingi Saksi Yehovah dalam penggunaan literatur!

Macam-macam literatur mereka:

a) Majalah.

Dua majalah Saksi Yehovah yang paling terkenal adalah:

Dimulai pada tahun 1879 (saat itu judulnya adalah The Herald of the Morning) dengan jumlah hanya 6000 exemplar / bulan.

Pada tahun 1976 sudah mencapai 10 juta exemplar / bulan, dan sudah diterjemahkan ke dalam 79 bahasa.

Pada tahun 1985 mencapai 17,8 juta exemplar / bulan, dan diterjemahkan ke dalam 106 bahasa.

Pada tahun 1976 mencapai 9 juta exemplar / bulan.

Pada tahun 1985 mencapai 15,6 juta exemplar / bulan dan diterje-mahkan ke dalam 34 bahasa.

Dalam hal majalah agama, kedua majalah ini menduduki ranking I dan ranking II di seluruh dunia!

b) Buku.

Macam-macam judulnya (dalam bahasa Indonesia) antara lain:

Ini termasuk buku utama karena sering digunakan oleh orang Saksi Yehovah dalam memberitakan 'Injil'.

Dalam buku ini mereka menyerang keilahian Kristus, doktrin Allah Tritunggal, dan keilahian serta kepribadian Roh Kudus dengan argumentasi-argumentasi yang cukup hebat. Karena itu, dalam buku saya ini saya membahas banyak bagian dari buku mereka yang satu ini.

c) Traktat.

Macam-macam judulnya antara lain:

Catatan:

Janganlah membeli literatur mereka, karena sungkan atau alasan yang lain apapun juga, karena ini sama dengan menyumbang kepada setan!

-AMIN-


e-mail us at golgotha_ministry@yahoo.com