Eksposisi Injil Lukas
oleh:
Pdt. Budi Asali MDiv.
LUKAS
6:12-16
I) Pemilihan rasul-rasul.
1) Yesus berdoa (ay 12).
a) Yesus berdoa sebelum memilih rasul.
Gereja
juga harus berdoa sebelum memilih pendeta, majelis, guru sekolah minggu, dsb.
b)
Yesus pergi ke bukit untuk berdoa.
Yesus
berdoa di bukit bukan karena bukit merupakan tempat yang tinggi sehingga lebih
dekat dengan Allah! Ingat bahwa Allah itu maha ada, sehingga saudara tidak bisa
dikatakan lebih dekat kepadaNya pada waktu saudara berada di atas bukit
dibandingkan dengan waktu saudara berada di dasar jurang / laut!
Juga
bahwa Yesus berdoa di atas bukit, tidak berarti bahwa sekarang kita juga harus
berdoa di atas bukit. Memang tidak dilarang untuk berdoa di bukit-bukit doa yang
banyak terdapat pada jaman sekarang, tetapi sebetulnya ini tidak diperlukan,
keculai saudara tidak bisa mendapatkan tempat yang sunyi dan tenang selain di
sana.
Bahwa
Yesus berdoa di bukit menunjukkan bahwa sedapat mungkin pada waktu berdoa kita
harus mencari tempat yang sepi / tenang. Berdoa di tempat sepi ini bertentangan
dengan:
c) Mengapa Yesus berdoa kalau Ia memang adalah Allah?
Barnes’
Notes: "If
it be asked why Jesus should pray at all if he was Divine, we answer, that he
was also a man - a man subject to the same sufferings as others, and as a man
needing the Divine blessing. There is no more inconsistency in his praying, than
there was in his eating" (= Kalau
ditanyakan mengapa Yesus harus berdoa jika Ia adalah Allah, kami menjawab, bahwa
Ia juga adalah seorang manusia - seorang manusia yang mengalami penderitaan yang
sama seperti orang lain, dan sebagai seorang manusia yang membutuhkan berkat
ilahi. Tidak ada lebih banyak ketidakkonsekwenan dalam tindakanNya pada waktu
berdoa, dibandingkan dengan tindakanNya pada waktu makan).
2) Rasul dipilih dari antara murid.
a) Murid.
Orang kristen disebut murid, jadi orang kristen harus belajar
Firman Tuhan. Hati-hati dengan pandangan yang mengatakan bahwa kalau seseorang
terlalu banyak belajar Firman Tuhan, ia akan menjadi seperti ahli Taurat / orang
Farisi. Ini omong kosong yang bodoh dari orang yang tidak mengerti Firman Tuhan
(AMATHES)! Memang bisa saja orang belajar banyak dan tidak mentaati Firman
Tuhan, sehingga menjadi seperti orang Farisi dan ahli Taurat, tetapi ini tidak
berarti bahwa semua orang yang banyak belajar Firman lalu menjadi seperti itu!
Apakah Yesus, Paulus, rasul-rasul, tidak banyak belajar Firman? Apakah mereka
lalu menjadi seperti ahli Taurat dan orang Farisi?
bdk. Mat 28:19-20 - "Karena
itu pergilah, jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama
Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu
yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa
sampai kepada akhir zaman".
Perhatikan bahwa Yesus tidak hanya berkata ‘ajarlah mereka’,
tetapi ‘ajarlah mereka melakukan’. Jelas bahwa seorang murid harus
belajar dengan tujuan mentaati Firman Tuhan.
b) Pemilihan murid menjadi rasul dilakukan sesuai kehendak Tuhan.
Bagian
paralelnya, yaitu Mark 3:13 berbunyi: "Ia
memanggil orang-orang yang dikehendakiNya". Bdk. Yoh 15:16a - "Bukan
kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu".
Penerapan:
Kalau
kita mau melayani, apalagi kalau mau menjadi hamba Tuhan, kita harus mencari /
menanyakan kehendak Tuhan! Jangan terjun dalam pelayanan, apalagi menjadi hamba
Tuhan, atas kehendak sendiri, apalagi sekedar demi profesi!
c)
Dari kalangan murid dipilih orang-orang tertentu untuk menjadi rasul.
Ini
perlu diperhatikan dalam pemilihan majelis, guru sekolah minggu, komisi Pemuda
Remaja, dsb. Yang tidak mau ikut Pemahaman Alkitab, tidak pantas dapat jabatan.
Memang ini tidak berarti bahwa semua yang ikut Pemahaman Alkitab harus mendapat
jabatan. Ingat bahwa jabatannya terbatas. Jadi kalau saudara tidak dapat
jabatan, jangan mengira bahwa saudara dianggap tidak nggenah!
d)
Tujuan menjadi rasul.
Mark 3:15 (KJV): "And
to have power to heal sickness, and to cast out devils"
(= Dan mempunyai kuasa untuk menyembuhkan penyakit, dan mengusir
setan-setan). Ini dari
manuscript yang berbeda.
Ada 2 hal yang perlu diperhatikan di sini:
o
Mereka dipilih menjadi
rasul untuk memberitakan Injil, mengusir setan. Dengan kata lain dipanggil untuk
melayani. Jadi, kalau saudara diberi jabatan, tujuannya bukan untuk menaikkan
gengsi saudara supaya lebih dihormati orang, tetapi supaya saudara melayani.
Perhatikan urut-urutan ini: Murid ® rasul ® layani. Sia-sia seseorang belajar Firman, kalau ia tidak melayani!
Bdk. Mat 4:19 - ikut Yesus untuk dijadikan penjala manusia.
o
Dalam Mark 3:14 ini,
no 1 adalah ’menyertai Yesus’ [NIV/NASB: that
they might be with him (= supaya mereka
bisa bersama Dia), no 2
adalah ‘memberitakan Injil’, dan no 3 adalah ‘mengusir setan’.
Pulpit Commentary (Luke): "The first
requirement is always life with Christ, communion with the personal Saviour:
there is no real preaching, no real power, without that"
(= Syarat pertama selalu adalah hidup dengan Kristus, persekutuan dengan
Juruselamat pribadi: tidak ada khotbah yang sungguh-sungguh, kuasa yang
sungguh-sungguh, tanpa hal itu).
Sebagai tambahan di sini saya berikan komentar ‘nyentrik’
William Barclay:
"He chose them to be his friends. It is amazing that Jesus needed
human friendship. God cannot be happy without men. Just because God is Father
there is a blank in his heart until the last man comes home" (= Ia
memilih mereka untuk menjadi teman-temanNya. Adalah sesuatu yang mengherankan
bahwa Yesus membutuhkan persahabatan manusia. Allah tidak bisa bahagia tanpa
manusia. Justru karena Allah adalah Bapa, maka ada kekosongan dalam hatiNya
sampai manusia terakhir pulang).
Mengatakan bahwa Yesus / Allah membutuhkan manusia, dan tidak bisa
bahagia tanpa manusia, adalah sesuatu yang merendahkan Allah! Manusialah yang
membutuhkan Allah dan tidak bisa bahagia dan terus merasakan kekosongan dalam
hatinya, sebelum ia menemukan, atau lebih tepat, ditemukan oleh Allah.
II) Dua belas
rasul.
1) Mengapa Yesus memilih 12 rasul? Mengapa tidak 3, atau 7, atau
10, atau 40?
Pulpit
Commentary (Mark): "Three
multiplied by four gives twelve, the number of those who were to go forth as
apostles into the four quarters of the world - called to the faith of the holy
Trinity" (= Tiga dikalikan dengan empat adalah duabelas, jumlah / bilangan mereka
yang harus pergi sebagai rasul-rasul ke empat penjuru dunia - dipanggil kepada
iman dari Tritunggal yang kudus).
Komentar
ini menarik, tetapi saya tidak yakin bahwa ini adalah maksud dari bilangan 12
ini. Saya lebih setuju dengan arti yang diberikan oleh William Hendriksen di
bawah ini.
William
Hendriksen: "The
fact that Jesus appointed exactly 12 men, no more and no less, indicates that he
had in mind the new Israel, for ancient Israel had 12 tribes and 12 patriarchs.
The new Israel was going to be gathered from among all the nations, Jews and
Gentiles alike" (= Fakta bahwa Yesus
menetapkan persis 12 orang, tidak lebih dan tidak kurang, menunjukkan bahwa Ia
memikirkan Israel yang baru, karena Israel yang kuno mempunyai 12 suku dan 12
kepala suku. Israel yang baru akan dikumpulkan dari antara semua bangsa, Yahudi
maupun non Yahudi).
Penafsiran Hendriksen ini didukung oleh:
2) Menyoroti 12 rasul ini:
a) Simon / Petrus.
William Hendriksen: "This new name,
meaning rock, was a description not of what Simon was when called, but of what
by grace he was to become" (= Nama
baru ini, artinya batu karang, bukan menggambarkan apa adanya Simon pada waktu
dipanggil, tetapi menggambarkan Simon akan menjadi apa oleh kasih karunia).
b) Andreas.
Kelemahan
/ kekurangannya:
c) Yakobus.
d)
Yohanes.
Dalam
Mark 3:17, Yakobus dan Yohanes ini disebut ‘anak-anak guruh’. Ada yang
menganggap bahwa sebutan ini diberikan karena kepribadian mereka yang pemarah
(bdk. Luk 9:54-56 Mark 9:38), tetapi ada yang menganggap bahwa sebutan itu
diberikan karena mereka adalah pengkhotbah yang mempunyai suara keras.
Kelemahan / kekurangan mereka:
William Hendriksen: "James was the first
of The Twelve to wear the martyr’s crown (Acts 12:2). While he was the first
to arrive in heaven, his brother John was in all probability the last to remain
on earth" [= Yakobus adalah yang
pertama dari 12 orang itu yang memakai mahkota martir (Kis 12:2). Sementara ia
adalah yang pertama sampai di surga, saudaranya, Yohanes, kemungkinan besar
merupakan yang terakhir berada / tinggal di bumi].
e) Filipus.
Kelemahan
/ kekurangannya:
f) Bartolomeus / Natanael.
‘Bartolomeus’
artinya ‘anak dari Tholomai’, dan ini bukan nama yang sesungguhnya. Nama
yang sesungguhnya adalah Natanael (Yoh 1:45-51).
Kata-katanya
dalam Yoh 1:46 menunjukkan bahwa ia sentimen terhadap Nazaret, tetapi akhirnya
ia toh menjadi pengikut Yesus, orang Nazaret.
Penerapan:
Karena
itu jangan takut memberitakan Injil / Firman Tuhan kepada orang yang sentimen
terhadap kekristenan / Reformed.
g)
Matius.
Sebagai
seorang pemungut cukai, ia bekerja pada perintah Romawi; ia pasti adalah orang
yang mata duitan dan kejam, karena ia rela memeras rakyat dengan menaikkan
pajak.
h)
Tomas.
Kekurangan
/ kelemahannya:
i) Yakobus anak Alfeus / James the Less.
Tak
ada informasi lain tentang murid yang satu ini. Jelas ia sangat tidak menonjol.
j)
Simon orang Zelot.
Bdk.
Mark 3:18 (lit): ‘Simon the Canaanite’. Istilah ‘the
Canaanite’ tidak berarti ‘orang Kanaan’ atau ‘orang Kana’. Kata
ini berasal dari kata Ibrani QANA, yang berarti ‘zeal’ (= semangat).
Nama / istilah ‘Zelot’ berasal dari 1Makabe 2:50 - "Sekarang
anak-anakku, hendaklah giat untuk hukum Taurat dan mempertaruhkan hidupmu
demi perjanjian nenek moyang kita".
Inggris: "Be ye zealous
for the Law, and give your lives for the covenant of your fathers"
[Pulpit Commentary (Luke)].
Orang Zelot adalah golongan orang yang anti penjajahan / orang
asing / Romawi.
k)
Yudas anak Yakobus.
‘Yudas
anak Yakobus’ (ay 16) sama dengan ‘Tadeus’ (Mat 10:3 Mark 3:18), dan juga
sama dengan ‘Yudas yang bukan Iskariot’ (Yoh 14:22). Tentang orang ini juga
tidak banyak yang bisa diketahui, jelas bahwa ia adalah orang yang sangat tidak
menonjol.
l)
Yudas Iskariot.
Mengapa
Yudas Iskariot yang dipilih?
1. Karena pengkhianatan oleh Yudas terhadap Yesus adalah Rencana
Allah (Luk 22:22).
William
Hendriksen: "The
group included even the man who was going to become a traitor, in order that,
without in any way canceling human responsibility, God’s counsel regarding the
salvation of his people might be carried out. See Luke 22:22; Acts 2:23"
(= Kelompok ini bahkan mencakup orang yang akan menjadi pengkhianat, supaya,
tanpa membuang tanggung jawab manusia, rencana Allah mengenai keselamatan
umatNya bisa dilaksanakan).
Pulpit Commentary (Mark): "If it is asked
why our Lord should have chosen Judas Iscariot, the answer is that he chose him,
although he knew that he would betray him, because it was his will that he
should be betrayed by one that had been ‘his own familiar friend,’ and that
had ‘eaten bread with him’" (=
Kalau ditanyakan mengapa Tuhan kita memilih Yudas Iskariot, jawabannya adalah
bahwa Ia memilih Yudas, sekalipun Ia tahu bahwa Yudas akan mengkhianatiNya,
karena adalah kehendakNya bahwa Ia harus dikhianati oleh seseorang yang adalah
‘teman dekatnya sendiri’, dan yang ‘makan roti bersama Dia’).
2.
Sebagai peringatan bagi gereja, supaya waspada terhadap adanya ‘Yudas’ dalam
gereja, bahkan dalam kalangan majelis / pendeta.
3.
Supaya orang yang mempunyai jabatan tinggi hati-hati supaya tidak berakhir
seperti Yudas.
Pulpit
Commentary (Mark): "To
fill a spiritual office, and yet to be careless of our own spiritual life, is
fatal. ‘Wherefore let him that thinketh he standeth take heed lest he
fall’" (= Mengisi suatu jabatan
rohani, tetapi sembrono tentang kehidupan rohani diri sendiri, adalah fatal.
‘Sebab itu siapa yang menyangka bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia
jangan jatuh’).
Dengan orang-orang seperti ini (kecuali Yudas Iskariot), yang boleh
dikatakan semuanya mempunyai banyak kelemahan / kekurangan, Yesus
‘menggoncangkan dunia’!
Bdk.
1Kor 1:25-29 - "Sebab yang bodoh dari
Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih
kuat dari pada manusia. Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu,
ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak,
tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang. Tetapi
apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang
berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang
kuat, dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah,
bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan
Allah".
Penerapan:
Kalau
saudara mempunyai kekurangan/ kelemahan, dan kalau saudara bukanlah orang yang
mempunyai karunia-karunia yang hebat, janganlah beranggapan bahwa Tuhan tidak
bisa / mau memakai saudara. Asal saudara mau menyerahkan diri untuk dipakai oleh
Tuhan, Tuhan mau / bisa memakai saudara sebagai alatNya yang berguna untuk
kemuliaanNya!
3) Sifat-sifat / keadaan / orang yang bertentangan dalam kalangan
murid-murid Yesus:
Tetapi toh mereka bisa bersatu dan bersama-sama berjuang untuk
kemuliaan Tuhan.
Penerapan:
Dalam
gereja selalu ada orang-orang yang bertentangan, seperti: yang satu keras /
kasar, yang lain lembut, yang satu menonjol, yang lain tidak, yang satu
berapi-api, yang lain melempem, yang satu selalu menggunakan taktik, yang lain
selalu menghadapi secara frontal, yang satu nekad, yang lain selalu cenderung
untuk takut, dsb. Tetapi semua orang-orang ini harus bisa bersatu dan bekerja
sama demi kemuliaan Tuhan!
-AMIN-
Author : Pdt. Budi Asali,M.Div.
E-mail : [email protected]
e-mail us at [email protected]
Link ke Channel Video Khotbah2 Pdt. Budi Asali di Youtube:
https://www.youtube.com/channel/UCP6lW2Ak1rqIUziNHdgp3HQ
Channel Live Streaming Youtube : bit.ly/livegkrigolgotha / budi asali