Eksposisi Injil Lukas

oleh: Pdt. Budi Asali MDiv.



 

LUKAS 5:33-39

 

I) Pengkritik dan kritikannya:

1) Siapa para pengkritik ini?

 

 

Cara mengharmoniskan bagian-bagian ini adalah dengan menafsirkan bahwa ‘orang-orang’ dalam Mark 2:18 adalah gabungan dari ‘murid-murid Yohanes’ dan ‘orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat’. Sekarang ada 2 kemungkinan:
 

a) Kedua grup itu datang kepada Yesus, tetapi Matius dan Lukas hanya menceritakan salah satu.

b) Orang-orang Farisi menghasut murid-murid Yohanes untuk melancarkan kritik kepada Yesus tentang murid-muridNya. Matius hanya menyoroti grup orang yang betul-betul datang kepada Yesus yaitu murid-murid Yohanes. Lukas menyoroti grup yang menjadi sumber terjadinya persoalan itu, yaitu orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat. Sedangkan Markus menyoroti keduanya.
 

2) Murid-murid Yohanes Pembaptis mengkritik Yesus.

Yohanes Pembaptis adalah orang yang diutus Allah untuk mempersiapkan jalan bagi Yesus (Luk 1:16-17,76). Jadi sebetulnya pada waktu Yesus mulai pelayanan, maka murid-murid Yohanes ini seharusnya lalu mengikuti Yesus, dan beberapa dari mereka memang melakukan hal ini atas pengarahan Yohanes (Yoh 1:35-37). Tetapi sebagian lain dari murid-murid Yohanes ini menganggap Yesus justru sebagai saingan (Yoh 3:26). Mereka ini tidak mengikut Yesus dan terus membentuk kelompok sendiri.

Penerapan:

Kesalahan seperti ini perlu diwaspadai. Jangan sampai saudara hanya mengikut pendeta atau gereja atau aliran tertentu. Saudara harus mengikut Yesus! Dan perlu diperhatikan bahwa kesalahan seperti ini bisa terjadi pada murid dari Yohanes Pembaptis, yang adalah seorang hamba Tuhan / nabi yang betul-betul ingin membawa murid-muridnya kepada Tuhan. Ini tentu akan lebih mudah lagi terjadi pada murid-murid dari ‘hamba Tuhan’ yang memang ingin mengarahkan orang kepada dirinya sendiri dan bukan kepada Tuhan.

3) Kritikan mereka (ay 33).
 

a) Mereka berkata: ‘Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang, demikian juga murid-murid orang Farisi, tetapi murid-muridMu makan dan minum’ (ay 33).

b) Bandingkan kritikan di sini dengan Mat 11:18-19. Berpuasa disalahkan, tidak berpuasa juga disalahkan! Jelas bahwa mereka bukan mengkritik demi tegaknya kebanaran, tetapi untuk menghancurkan orang yang diktirik.

c) Ini kritikan yang mempersoalkan perbedaan yang remeh / tidak penting.

Yohanes Pembaptis adalah orang yang mempersiapkan jalan bagi Yesus. Jadi, ajarannya pasti sejalan dan banyak persamaannya dengan ajaran Yesus. Tetapi ada beda antara Yohanes Pembaptis dan Yesus, yaitu yang bisa saudara lihat dalam Mat 11:18-19.

Dalam hal yang penting / essential (yaitu dalam hal ajaran), Yohanes Pembaptis sama dengan Yesus. Mereka berbeda dalam hal-hal yang remeh. Tetapi orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat / murid-murid Yohanes justru menyoroti perbedaannya dan melupakan persamaannya.

Penerapan:

Dalam hidup orang kristen / gereja ada:
 

1. Hal-hal yang remeh, seperti:

o        cara memuji Tuhan dengan / tanpa band, dengan / tanpa tepuk tangan.

 

o        bolehkah makan dideh / darah?

 

o        bolehkah orang mati diperabukan?

2. Hal-hal yang cukup penting, seperti:

o        predestinasi atau Providence of God.

 

o        bisakah keselamatan hilang?

 

o        haruskah orang kristen berbahasa roh / lidah?

3. Hal-hal yang sangat penting / essential, seperti:

o        Kitab Suci adalah Firman Allah.

 

o        Yesus dan Roh Kudus adalah Allah sendiri.

 

o        Yesus adalah satu-satunya jalan ke surga.

 

o        adanya surga dan neraka.

 

o        kita diselamatkan karena iman kepada Yesus dan bukan karena perbuatan baik / ketaatan.

Membicarakan, mengetahui / mengerti tentang perbedaan yang remeh dan perbedaan yang cukup penting adalah hal yang harus dilakukan. Tetapi jangan terus menerus menyoroti hal-hal itu sehingga melupakan persamaan dalam hal-hal yang essential / sangat penting.

Sebagai contoh, kalau kita sebagai orang Reformed bertemu dengan orang Arminian dan lalu berdebat tentang predestinasi dan melupakan bahwa kita dan mereka sama-sama percaya kepada Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat, maka kita tidak bisa bersatu / saling mengasihi dengan mereka. Kita lupa bahwa dia adalah saudara seiman kita dan kita akan menganggapnya sebagai musuh kita! Boleh saja kita membicarakan / memperdebatkan tentang predestinasi dengan mereka, tetapi kalau tidak mendapat titik temu, maka ingatlah persamaan yang mendasar yang ada antara kita dengan mereka.

d) Tentang puasa, dalam Kitab Suci / Perjanjian Lama sebetulnya keharusan puasa bagi seluruh bangsa Israel hanyalah 1 tahun 1 x, yaitu pada hari raya Pendamaian (Im 16:29-34 Im 23:26-32 Bil 29:7-11). Tetapi orang-orang Farisi berpuasa 2 x seminggu (Luk 18:12), yaitu pada hari Senin dan Jum’at (menurut tradisi ini adalah hari dimana Musa naik ke Gunung Sinai). Sedang murid-murid Yohanes berpuasa, mungkin karena:

 

 

Jadi, mereka berpuasa bukan karena diharuskan oleh Firman Tuhan (kalau memang itu adalah puasa yang diharuskan oleh Firman Tuhan, pasti Yesus juga menyuruh murid-muridNya berpuasa), tetapi karena keinginan mereka sendiri atau sekedar sebagai tradisi. Tetapi mereka lalu memaksa orang lain (murid-murid Yesus) untuk juga berpuasa mengikuti mereka. Ini jelas salah. Mereka tidak berhak melakukan hal itu. Hanya Kitab Suci yang boleh dijadikan standard hidup.

Penerapan:

Dalam gereja ada:

 

II) Jawaban Yesus terhadap kritikan itu (ay 34-39):

Jawaban Yesus ini terdiri dari 3 bagian:

1) Ay 34-35:

a) Untuk bisa mengerti jawaban Yesus ini, kita perlu mengerti tradisi orang Yahudi pada jaman itu dalam pernikahan. Mereka berbulan madu di rumah. 1 minggu setelah pernikahan, rumah terus dibuka. Teman-teman dekat mempelai bersama-sama dengan mempelai berdua dan mempelai berdua diperlakukan sebagai raja dan ratu. Dalam keadaan seperti ini tentu tidak mungkin ada seorang sahabat yang lalu berpuasa.

Tradisi inilah yang menjadi latar belakang jawaban Yesus. Saat dimana Yesus (mempelai pria) bersama-sama dengan murid-muridNya (sahabat-sahabat mempelai pria) adalah saat bersukacita, bukan saat susah, sehingga tidak cocok untuk berpuasa.

Penerapan:

Saat bersama / dekat dengan Yesus adalah saat sukacita. Apakah saudara bersukacita kalau saudara dekat dengan Yesus? Atau ada hal-hal lain yang membuat saudara lebih bersukacita, seperti dapat uang / gangthao, bersama teman-teman, piknik, dsb.

b) Yesus berkata bahwa pada saat mempelai pria ‘diambil dari mereka’, maka mereka akan berpuasa. Sukar untuk menafsirkan dengan pasti apa maksud ayat ini.
 

Yesus               Yesus                  Yesus                    Yesus                  Yesus
  ada              tidak ada                 ada                   tidak ada                 ada?
_______________________________________________________

                M                        B                            N                            P
 

Keterangan:

M = saat Yesus mati.

B = saat Yesus bangkit.

N = saat Yesus naik ke surga.

P = hari Pentakosta / turunnya Roh Kudus.
 

Saat dimana Yesus ‘diambil dari mereka / murid-muridNya’ bisa menunjuk kepada:
 

1. Saat Yesus mati disalib.

Ini adalah pandangan dari hampir semua penafsir. Ini berarti bahwa setelah kematian Yesus barulah murid-murid berpuasa.

Tetapi problem dengan pandangan ini adalah: Kitab Suci tidak pernah menceritakan bahwa murid-murid Yesus berpuasa antara kematian dan kebangkitan Yesus!

2. Saat Yesus naik ke surga.

Problem dengan pandangan ini adalah: saat Yesus naik ke surga, bukan merupakan saat dukacita bagi murid-murid Yesus. Padahal Mat 9:15 jelas menunjukkan bahwa itu adalah saat dukacita.
 

Hal-hal lain yang menyebabkan bagian ini makin sukar ditafsirkan dengan pasti adalah:

Semua ini menyebabkan saya tidak bisa mengambil kesimpulan yang pasti tentang arti ayat ini.

c) Puasa dilakukan pada saat sedih (Bdk ay 34 dengan Mark 2:19 dan Mat 9:15).

Ay 34: ‘Dapatkah sahabat mempelai laki-laki disuruh berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka?’.

Mark 2:19 - ‘Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka?'.

Mat 9:15 - ‘Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka?’. Kata ‘berdukacita’ ini dalam bahasa Yunaninya adalah PENTHEIN, yang artinya ’to mourn’ (= berkabung).

Dari sini jelas bahwa Yesus mengatakan bahwa saat yang tepat untuk berpuasa adalah pada waktu kita sedih / berkabung. Jadi tidak sepatutnya kita berpuasa sekedar sebagai tradisi, tanpa tujuan / sebab apa-apa, atau sekedar melaksanakan kewajiban.

Banyak gereja / orang kristen berpuasa pada Jum’at Agung dan sekitarnya. Apa alasannya?

Kita bisa berpuasa pada saat kita merasa sedih karena ada dosa yang menyebabkan kita lalu tidak merasakan kehadiran Kristus dalam hidup kita. Tentu saja puasa pada saat seperti ini harus disertai dengan pertobatan dari dosa tersebut.

d) Satu hal perlu ditekankan adalah: ay 34-35 tidak berarti bahwa setelah kematian Kristus, gereja harus berpuasa terus menerus.

J. A. Alexander: "But this would be equivalent to saying that the Saviour’s exaltation would consign his people to perpetual sorrow. For he evidently speaks of grief and fasting as inseparable, and in Matthew’s narrative of his reply, the former term is substituted for the latter (Matt 9:15)" [= Tetapi ini sama dengan berkata bahwa pemuliaan Juruselamat itu akan menandai umatNya dengan kesedihan kekal / terus menerus. Karena Ia dengan jelas berbicara tentang kesedihan dan puasa sebagai 2 hal yang tak terpisahkan, dan dalam cerita Matius tentang jawabanNya, istilah yang pertama menggantikan istilah yang terakhir (Mat 9:15)].

Hendriksen menambahkan bahwa ay 35 jelas tidak berarti bahwa setelah kematian Yesus gereja harus berpuasa / bersedih terus menerus. Ini terlihat dari kata-kata Yesus dalam Yoh 16:16-22 (bacalah bagian ini!).
 

2) Ay 36-38:

Ini adalah 2 perumpamaan:

a) Kain yang belum susut akan menyusut kalau kena air, sehingga akan menyebabkan baju tua itu sobek lebih besar lagi.

b) Anggur yang baru mengeluarkan gas. Kantong kulit yang baru masih mempunyai sifat lentur / elastis sehingga bisa menahan tekanan gas itu. Tetapi kantong kulit yang sudah tua, sudah kehilangan sifat lentur / elastisnya sehingga akan pecah bila diisi dengan anggur baru.

Bagian ini adalah bagian yang sukar, sehingga muncul bermacam-macam penafsiran tentang bagian ini:
 

1. Calvin:

Baju / kantong tua mudah pecah / sobek. Ini menggambarkan kelemahan murid-murid Yesus. Kain yang belum susut / anggur baru menggambarkan disiplin yang terlalu keras. Jadi, artinya: belum waktunya menyuruh murid-murid yang lemah itu melakukan disiplin yang begitu keras seperti puasa.

2. William Barclay:

Arti ay 36: kadang-kadang ‘menambal’ adalah suatu ketololan. Kita harus memulai dengan sesuatu yang baru. Arti ay 37-38: pikiran kita harus lentur / elastis, dalam arti kita harus mau menerima ide-ide baru.

Keberatan saya: kelihatannya ay 36-38 merupakan 2 perumpamaan yang menunjuk pada satu arti yang sama. Yesus sering memberikan beberapa perumpamaan berturut-turut untuk menekankan suatu kebenaran tertentu. Contoh: Luk 15 memberikan 3 cerita berturut-turut yang mempunyai penekanan / arti / fokus yang sama.

3. William Hendriksen:

Kain yang belum susut / anggur baru menunjuk pada keselamatan / kekayaan rohani dalam Kristus. Baju baru / kantong baru menunjuk pada rasa syukur dan sukacita. Inilah sikap yang tepat untuk menerima berkat-berkat rohani di dalam Kristus.

4. Anggur baru / kain yang belum susut menunjuk pada keselamatan karena iman.

Baju / kantong tua menunjuk pada keselamatan karena perbuatan baik.

2 ajaran ini tidak cocok untuk digabungkan.

5. Kain yang belum susut / anggur baru menunjuk pada kekristenan.

Baju / kantong tua menunjuk pada Yudaisme / agama Yahudi.

Dua ajaran ini tidak bisa digabungkan. Yesus anti pada syncretisme (= penggabungan 2 agama atau lebih).

6. Kekristenan bukanlah Yudaisme yang ditambal-tambal. Harus buang sama sekali dan mulai dengan suatu yang baru.

Saya paling condong pada arti ke 5.
 

3) Ay 39: Ayat ini tidak ada dalam Matius maupun Markus.
 

a) Ini juga adalah ayat sukar yang mempunyai 2 macam penafsiran:
 

1. Anggur tua menunjuk pada ajaran Yesus, karena anggur tua tidak mempunyai kemegahan seperti anggur baru. Tetapi toh anggur tua lebih enak / lebih baik dari anggur baru (ajaran orang Farisi).

Jadi, maksud Yesus dengan ay 39 ini ialah: murid-muridKu sudah mengecap ajaranKu yang lebih enak sehingga mereka pasti tidak akan mau kembali pada ajaran orang Farisi / Yudaisme (anggur baru).

Keberatan:

·         ajaran orang Farisi ada lebih dulu dari ajaran Yesus, sehingga aneh kalau digambarkan dengan anggur baru.

Jawab: perumpamaan ini hanya menunjukkan bahwa ajaran Yesus lebih baik dari ajaran orang Farisi, dan tidak mempersoalkan yang mana yang lebih baru atau lebih lama.

·         dalam ay 37-38, anggur baru menunjuk pada kekristenan / ajaran Yesus.

Jawab: ay 37-38 dan ay 39 adalah 2 perumpamaan yang berbeda / terpisah.
 

2. Anggur tua menunjuk pada ajaran orang Farisi; anggur baru menunjuk pada ajaran Yesus. Ayat ini menyerang kekolotan orang Farisi yang tidak mau berubah / tidak mau menerima ajaran baru.

Keberatan terhadap penafsiran ini: mengapa anggur tua yang lebih enak ditujukan pada ajaran orang Farisi? Bukankah ajaran Yesus yang lebih enak?

Jawabnya: ini adalah suatu perumpamaan. Tujuannya hanya menyerang kekolotan orang Farisi tanpa mempersoalkan ajaran siapa yang lebih enak. Bandingkan dengan Luk 18:1-8 dimana Allah digambarkan sebagai hakim yang lalim.

Saya condong pada penafsiran ini.

Penerapan:

Jangan bersikap kolot. Jangan terus berpegang pada apa yang dari dulu sudah ada dalam otak saudara. Saudara harus mau:

o        mengubah pikiran saudara dengan yang baru.

o        menambah pikiran saudara dengan yang baru.

Tetapi tentu saja ada syaratnya, yaitu ajaran yang baru itu harus sesuai dengan Kitab Suci / berdasarkan Kitab Suci! Jadi kalau saudara menerima ajaran seperti Toronto Blessing, yang tidak ada dasar Kitab Sucinya (kecuali yang dipaksakan), maka itu bukan berpikiran terbuka, tetapi justru tolol!
 

b) Hal lain yang bisa didapatkan dari ay 39 ini:

 

ay 39 akhir: ‘baik’.

NIV/KJV: ‘better’ (= lebih baik).

NASB: ‘good enough’ (= cukup baik).

RSV: ‘good’ (= baik).

KJV/NIV bisa menterjemahkan ‘better’ (= lebih baik) karena menterjemahkan dari manuscript lain yang menggunakan kata Yunani CHRESTOTEROS. Tetapi ini bukanlah manuscript yang dianggap terbaik. Manuscript yang terbaik menggunakan kata Yunani: CHRESTOS, yang berarti ‘good’ (= baik), dan sama sekali tidak menunjukkan suatu perbandingan (A.T. Robertson).

Ini menunjukkan bahwa orangnya sama sekali tidak membandingkan yang lama dan yang baru. Ia puas dengan yang lama dan menolak yang baru.

Tyndale: "He is not even comparing them. He is so content with the old that he does not consider the new for a moment" (= Ia bahkan tidak membandingkan mereka. Ia begitu puas dengan yang lama sehingga ia tidak mempertimbangkan yang baru sedikitpun).

Penerapan:

 

 

 

Ini adalah kekolotan yang menolak reformasi. Sekali percaya ini, ya percaya ini terus. Sekali agama ini, ya agama ini terus. Sekali gereja ini, ya gereja ini terus. Sekali aliran ini, ya aliran ini terus. Sekali punya konsep ini, ya konsep ini terus. Sikap ini menguntungkan, kalau dari semula saudara mendapatkan agama / ajaran / gereja / aliran yang benar. Tetapi, kalau dari semula saudara mendapatkan agama / ajaran / gereja / aliran yang sesat atau salah, maka sikap kolot semacam ini akan menyebabkan sekali sesat / salah saudara akan terus sesat / salah!

Karena itu buanglah sifat kolot semacam ini, dan maulah direformasi oleh ajaran yang Alkitabiah.

 

-AMIN-


e-mail us at golgotha_ministry0@yahoo.com