LIMITED ATONEMENT

Penjelasan Singkat Oleh : Pdt. Budi Asali Mdiv.

 

Dalam ajaran Arminian dikatakan bahwa Kristus mati untuk semua orang / setiap individu dalam dunia ini, untuk menyediakan jalan keselamatan.

Dalam ajaran Calvinisme / Reformed dikatakan bahwa Kristus mati hanya untuk menebus orang-orang pilihan, dan ini sekaligus memastikan keselamatan mereka.‘sufficient for all, but not efficient for all’

Dasar dari doktrin Limited Atonement ini:

  1. Adanya Predestinasi tak memungkinkan Allah melakukan penebusan terhadap semua orang, karena memang bukan kehendak / RencanaNya untuk menyelamatkan semua orang.
  2. Kalau Kristus mati untuk semua orang, maka hanya ada 2 kemungkinan:
  1. Kalau Kristus mati untuk semua orang, maka orang yang tak percaya yang akhirnya masuk ke neraka, dosanya dihukum 2 x. Ini tidak adil!
  2. Sebelum Kristus mati menebus dosa, sudah ada orang yang binasa dalam dosa mereka, dan jelas masuk ke neraka. Jadi jelas bahwa Kristus tak mati untuk menebus dosa mereka.
  3. Ayat-ayat Kitab Suci seperti:

 

Bantahan dari Arminian dengan jawabannya:

  1. Banyak ayat menunjukkan bahwa Kristus mati untuk seluruh dunia, seperti Yoh 1:29 3:16 6:33,51 1Yoh 2:2

Jawab:

a. Kata ‘dunia’ (Yunani: KOSMOS) dalam Kitab Suci mempunyai banyak arti:

NB: dalam ayat-ayat seperti Yoh 6:33,51 dan 2Kor 5:19, kalau ‘dunia’ diartikan ‘semua orang di dunia’, maka akan menjadi Universalism.

b. 1Yoh 2:2.

Arminian menafsirkan bahwa:

#’kita’ = orang percaya tertentu / lokal / Yahudi

#’dunia’ = orang percaya di seluruih dunia (= elect).

Bdk. Yoh 11:51-52.

2)Surat Yohanes ditujukan kepada Yahudi Kristen.

 

c. Tujuan Yohanes dalam bagian ini: menghibur orang percaya (1Yoh 2:1)

Jadi adalah aneh kalau ia tahu-tahu mengetakan bahwa Kristus mati untuk menebus seluruh dunia. Jauh lebih cocok kalau ia berkata bahwa Kristus mati untuk semua orang pilihan.

 

d. Propitiation (NASB/KJV), Atoning sacrifice (NIV), Expiation (RSV)

Kata Yunaninya adalah HILASMOS (1Yoh 2:2 1Yoh 4:10).

HILASKOMAI, yaitu kata kerjanya muncul dalam Ibr 2:17 dan Luk 18:13.

Akar kata HILAO berarti to appease (= menenangkan / memenuhi tuntutan), to pacify (= menenangkan), to reconcile God in respect of aversation for sin.

Dalam HILASMOS tercakup:

Kalau ini ditujukan kepada ‘setiap orang di dunia’ maka akan menimbulkan Universalism.

  1. Ayat-ayat yang menunjukkan bahwa Kristus mati untuk semua orang / setiap orang, seperti 2Kor 5:14,15 1Tim 2:5-6 Ibr 2:9

Jawab: dalam kitab Suci, kata ‘semua’ tak selalu berarti ‘semua’. Seringkali artinya adalah ‘semua elect / orang dalam Kristus’, seperti dalam Ro 5:18 1Kor 15:22 Kis 2:17 Maz 22:28. Kalau tidak diartikan seperti ini, ayat-ayat ini menimbulkan Universalism.

  1. Ayat-ayat yang menunjukkan bahwa Kristus mati untuk orang yang binasa / akan binasa (Ro 14:15 1Kor 8:11 Ibr 10:29 2Pet 2:1)

Jawab:

 

Guna kematian Kristus untuk non elect:

Louis Berkhof (pp 438-439): It is perfectly true, of course, that the design of God in the work of Christ pertained primarily and directly, not to the temporal well-being of men in general, but to the redemption of the elect; but secondarily and indirectly it also included the natural blessings bestowed on mankind indiscriminately. All that the natural man receives other than curse and death is an indirect result of the redemptive work of Christ

-AMIN-


e-mail us at golgotha_ministry@yahoo.com