Kebaktian

G. K. R. I. ‘GOLGOTA’

(Rungkut Megah Raya Blok D No 16)

 

Minggu, tgl 4 Mei 2014, pk 17.00

 

Pdt. Budi Asali, M. Div.

[email protected]

 

II Samuel 7:1-29(3)

 

2Sam 7:8-17 - “(8) Oleh sebab itu, beginilah kaukatakan kepada hambaKu Daud: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Akulah yang mengambil engkau dari padang, ketika menggiring kambing domba, untuk menjadi raja atas umatKu Israel. (9) Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan telah melenyapkan segala musuhmu dari depanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi. (10) Aku menentukan tempat bagi umatKu Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan dan tidak pula ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu, (11) sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umatKu Israel. Aku mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada semua musuhmu. Juga diberitahukan TUHAN kepadamu: TUHAN akan memberikan keturunan kepadamu. (12) Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. (13) Dialah yang akan mendirikan rumah bagi namaKu dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. (14) Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anakKu. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. (15) Tetapi kasih setiaKu tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu. (16) Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapanKu, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.’ (17) Tepat seperti perkataan ini dan tepat seperti penglihatan ini Natan berbicara kepada Daud.”.

 

3)   Hal-hal lain yang harus Natan sampaikan kepada Daud.

 

a)   Ay 8-9: “(8) Oleh sebab itu, beginilah kaukatakan kepada hambaKu Daud: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Akulah yang mengambil engkau dari padang, ketika menggiring kambing domba, untuk menjadi raja atas umatKu Israel. (9) Aku telah menyertai engkau di segala tempat yang kaujalani dan telah melenyapkan segala musuhmu dari depanmu. Aku membuat besar namamu seperti nama orang-orang besar yang ada di bumi.”.

 

Di sini Tuhan mengingatkan Daud akan kebaikan-kebaikan yang telah Ia berikan kepada Daud, sekalipun dalam hal pembangunan Bait Suci, ia tidak diijinkan untuk melakukannya.

 

Dan kata-kata ‘hambaKu Daud’ dalam ay 8 menunjukkan bahwa Tuhan menghargai keinginan Daud untuk membangun Bait Suci itu bagi Dia. Dengan kata-kata ini diharapkan Daud tidak menjadi kecil hati karena ditolaknya rencananya untuk membangun Bait Suci.

 

Ada pandangan lain lagi tentang gelar / sebutan ‘hambaKu’ untuk Daud ini. Pulpit Commentary mengatakan bahwa sebutan ‘hambaKu’ ini merupakan suatu sebutan yang sangat tinggi wibawanya, dan diterapkan hanya kepada beberapa orang dalam Perjanjian Lama. Ini digunakan untuk Musa, dan dalam 27 pasal yang terakhir dari kitab Yesaya, gelar / sebutan itu mencapai keagungannya yang penuh, karena di sana mula-mula Israel disebut hamba Yehovah, dan akhirnya, gelar itu diberikan kepada sang Mesias. Pada waktu saat ini gelar / sebutan itu diberikan kepada Daud, itu menunjukkan dia sebagai TYPE dari Kristus.

 

Lalu tentang kemenangan-kemenangan dan nama besar Daud yang diberikan oleh Tuhan (ay 9), Pulpit Commentary mengatakan bahwa itu juga merupakan TYPE dari pemerintahan Mesias.

 

Pulpit Commentary (tentang ay 9): if Messiah was to be ‘David’s Son,’ it was necessary that that king should hold a special place in the hearts of all Israelites. ... In the Old Testament no king is ‘Jehovah’s servant’ but David; no king is ever connected with Messiah but David (= jika Mesias harus adalah ‘Anak Daud’, adalah perlu bahwa raja itu harus mendapat tempat khusus dalam hati dari semua orang Israel. ... Dalam Perjanjian Lama tidak ada raja yang adalah ‘hamba / pelayan Yehovah’ kecuali Daud; tak ada raja yang pernah dihubungkan dengan Mesias kecuali Daud).

Catatan: saya berpendapat kata-kata terakhir itu salah, karena Salomo juga dihubungkan dengan Yesus / Mesias.

 

b)   Ay 10-11a: “(10) Aku menentukan tempat bagi umatKu Israel dan menanamkannya, sehingga ia dapat diam di tempatnya sendiri dengan tidak lagi dikejutkan dan tidak pula ditindas oleh orang-orang lalim seperti dahulu, (11a) sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umatKu Israel. Aku mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada semua musuhmu.”.

 

Pulpit Commentary mengatakan bahwa pemberian tempat bagi Israel di Kanaan, dan penaklukan terhadap semua musuh-musuh mereka oleh Daud, memberikan keamanan kepada Israel di sana, dan keamanan itu yang memungkinkan mereka untuk membangun Bait Suci pada jaman Salomo.

 

c)   Firman tentang ‘keturunan’ Daud.

Ay 11b-16: “(11b) Juga diberitahukan TUHAN kepadamu: TUHAN akan memberikan keturunan kepadamu. (12) Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. (13) Dialah yang akan mendirikan rumah bagi namaKu dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. (14) Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anakKu. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia. (15) Tetapi kasih setiaKu tidak akan hilang dari padanya, seperti yang Kuhilangkan dari pada Saul, yang telah Kujauhkan dari hadapanmu. (16) Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapanKu, takhtamu akan kokoh untuk selama-lamanya.’”.

 

Wilmington’s Bible Handbook (Bible Survey): God’s promises to David (7:10-16) are often called the Davidic covenant [= Janji-janji Allah kepada Daud (7:10-16) sering disebut perjanjian Daud].

 

Jamieson, Fausset & Brown (tentang 2Sam 7:16): This promise, like that made to Abraham, has a twofold aspect - one points to David’s natural posterity and temporal kingdom, the other to the Messiah and the kingdom of heaven. It respected the former only as types and pledges of the latter. Some, indeed, restrict this promise entirely to the Messiah, and deny that it was applicable to David’s natural descendants at all. ... The truth is, this promise, like many others in the Old Testament, has a twofold sense - it takes in the type as well as the antitype; so that these who saw it accomplished in what respected David’s temporal house, had a proof that the Lord spoke by the prophet Nathan, and consequently a pledge that He would also in due time fulfill the spiritual part of it also. (= Janji ini, seperti janji yang dibuat kepada Abraham, mempunyai aspek rangkap dua - yang satu menunjuk kepada keturunan alamiah dan kerajaan sementara dari Daud, yang lain kepada sang Mesias dan kerajaan surga. Itu berkenaan dengan yang terdahulu hanya sebagai TYPE-TYPE dan janji-janji dari yang belakangan. Sebagian orang, memang, membatasi janji ini secara sepenuhnya kepada sang Mesias, dan menyangkal bahwa itu bisa diterapkan kepada keturunan alamiah Daud sama sekali. ... Kebenarannya adalah, janji ini, seperti banyak janji-janji yang lain dalam Perjanjian Lama, mempunyai arti rangkap dua - itu mencakup TYPE maupun ANTI-TYPE; sehingga orang-orang yang melihatnya digenapi dalam keluarga sementara dari Daud, mempunyai bukti bahwa Tuhan berbicara oleh nabi Natan, dan maka dari itu suatu janji bahwa Ia juga akan menggenapi pada saatnya bagian  rohaninya juga.).

 

1.   Ay 11b: “Juga diberitahukan TUHAN kepadamu: TUHAN akan memberikan keturunan kepadamu.”.

 

Matthew Henry: David had purposed to build God a house, and, in requital, God promises to build him a house, v. 11. Whatever we do for God, or sincerely design to do though Providence prevents our doing it, we shall in no wise lose our reward. (= Daud telah merencanakan untuk membangun bagi Allah suatu rumah, dan sebagai balasan / pahala, Allah menjanjikan untuk membangun baginya suatu rumah / keluarga, ay 11. Apapun yang kita lakukan untuk Allah, atau dengan tulus rancangkan untuk lakukan, sekalipun Providensia mencegah kita dari melakukannya, kita tidak akan kehilangan upah / pahala kita.).

 

The Bible Exposition Commentary: Old Testament: Then the Lord turned from promises concerning the land and the nation to promises concerning David’s throne and family (vv. 11-16). Every king is concerned about the future of his kingdom, and the Lord promised David something above and beyond anything he could have imagined. David wanted to build God a house (the temple), but God promised to build David a house - a dynasty forever! The word ‘house’ is used fifteen times in this chapter and refers to David’s palace (vv. 1-2), the temple (vv. 5-7, 13), and David’s dynasty, culminating in Messiah, Jesus Christ (vv. 11, 13, 16, 18-29) [= Lalu Tuhan berbalik dari janji-janji berkenaan dengan tanah / negara dan bangsa pada janji-janji berkenaan takhta dan keluarga Daud (ay 11-16). Setiap raja bersangkutan dengan masa depan dari kerajaannya, dan Tuhan menjanjikan Daud sesuatu di atas dan melampaui apapun yang bisa ia bayangkan. Daud ingin membangun suatu rumah bagi Allah (Bait Suci), tetapi Allah menjanjikan untuk membangun bagi Daud sebuah rumah / keluarga - suatu dinasti selama-lamanya! Kata ‘rumah / keluarga’ digunakan 15 x dalam pasal ini dan menunjuk pada istana Daud (ay 1-2), Bait Suci (ay 5-7,13), dan dinasti Daud, memuncak dalam diri Mesias, Yesus Kristus (ay 11,13,16,18-29)].

 

2.   Ay 12: “Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.”.

KJV/ASV: ‘thy seed’ (= benihmu).

RSV/NIV: ‘your offspring’ (= keturunanmu).

NASB: ‘your descendant’ (= keturunanmu).

Kata Ibrani ZERAH bisa berarti ‘benih’ atau ‘keturunan’.

 

Barnes’ Notes: I will set up the seed.’ In one sense this mannifestly refers to Solomon, David’s successor and the builder of the temple. But we have the direct authority of Peter (Acts 2:30) for applying it to Christ the seed of David, and His eternal kingdom; and the title the Son of David given to the Messiah in the rabbinical writings, as well as its special application to Jesus in the New Testament, springs mainly from the acknowledged Messianic significance of this prophecy. (See also Isa 55:3; Acts 13:34.) [= ‘Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian’. Dalam satu arti, ini dengan jelas menunjuk kepada Salomo, pengganti Daud dan pembangun dari Bait Suci. Tetapi kita mempunyai otoritas langsung dari Petrus (Kis 2:30) untuk menerapkannya kepada Kristus, keturunan Daud, dan KerajaanNya yang kekal; dan gelar ‘Anak Daud’ diberikan kepada sang Mesias dalam tulisan-tulisan rabi-rabi, dan penerapannya yang khusus kepada Yesus dalam Perjanjian Baru, muncul terutama dari pengenalan arti Mesias dari nubuat ini. (Lihat juga Yes 55:3; Kis 13:34).].

Kis 2:29-31 - “(29) Saudara-saudara, aku boleh berkata-kata dengan terus terang kepadamu tentang Daud, bapa bangsa kita. Ia telah mati dan dikubur, dan kuburannya masih ada pada kita sampai hari ini. (30) Tetapi ia adalah seorang nabi dan ia tahu, bahwa Allah telah berjanji kepadanya dengan mengangkat sumpah, bahwa Ia akan mendudukkan seorang dari keturunan Daud sendiri di atas takhtanya. (31) Karena itu ia telah melihat ke depan dan telah berbicara tentang kebangkitan Mesias, ketika ia mengatakan, bahwa Dia tidak ditinggalkan di dalam dunia orang mati, dan bahwa dagingNya tidak mengalami kebinasaan (pembusukan).”.

Kis 13:34 - “Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati dan Ia tidak akan diserahkan kembali kepada kebinasaan. Hal itu dinyatakan oleh Tuhan dalam firman ini: Aku akan menggenapi kepadamu janji-janji yang kudus yang dapat dipercayai, yang telah Kuberikan kepada Daud.”.

Yes 55:3 - “Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepadaKu; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.”.

 

Bandingkan yang dengan Yes 9:5-6 - “(5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (6a) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya.”.

 

3.   Ay 13: “Dialah yang akan mendirikan rumah bagi namaKu dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya.”.

 

Adam Clarke: this house, which God would make, was to be built by David’s SEED; and this seed was to be raised up AFTER David slept with his fathers; which words clearly exclude Solomon, who was set up and placed upon the throne BEFORE David was dead (= rumah ini, yang akan Allah buat, harus dibangun oleh KETURUNAN Daud; dan keturunan ini harus dibangkitkan SETELAH Daud tidur bersama nenek moyangnya; kata-kata mana secara jelas mengeluarkan Salomo, yang dinaikkan dan ditempatkan di takhta SEBELUM Daud mati).

Catatan: dalam buku tafsiran Clarke bagian ini ada setelah tafsirannya tentang ay 25.

 

Jadi, bagian ini hanya menunjuk kepada Kristus!

 

Adam Clarke lalu memberikan ayat-ayat referensi sebagai berikut:

Zakh 6:12-13 - “(12) katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Inilah orang yang bernama Tunas. Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait TUHAN. (13) Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.”.

1Kor 3:9-17 - “(9) Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah. (10) Sesuai dengan kasih karunia Allah, yang dianugerahkan kepadaku, aku sebagai seorang ahli bangunan yang cakap telah meletakkan dasar, dan orang lain membangun terus di atasnya. Tetapi tiap-tiap orang harus memperhatikan, bagaimana ia harus membangun di atasnya. (11) Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. (12) Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami, (13) sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu. (14) Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah. (15) Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api. (16) Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? (17) Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.”.

Ibr 3:6 - “tetapi Kristus setia sebagai Anak yang mengepalai rumahNya; dan rumahNya ialah kita, jika kita sampai kepada akhirnya teguh berpegang pada kepercayaan dan pengharapan yang kita megahkan.”.

 

Pulpit Commentary: Had we, indeed, only this passage, we might be content to take it in a popular sense, as signifying that, whereas Saul’s throne (and subsequently that of the many usurpers in Samaria) had but a brief existence, Solomon’s descendants should hold for many centuries undisputed possession of the kingdom of Jerusalem. But in Ps 89:29 we read, ‘His (David’s) seed will I make to endure forever, and his throne as the days of heaven.’ And again in vers. 36, 37 a continuance is assured to it as lasting as that of the sun and moon. We can scarcely, therefore, be wrong in the conviction that these promises pointed onwards to the establishment of Christ’s kingdom, and that the great importance attached to the building of the temple finds its explanation in its relation to him [= Seandainya kita hanya mempunyai text ini, kita bisa puas untuk mengertinya dalam arti yang populer, sebagai menunjukkan bahwa, sementara takhta Saul (dan sesudah itu takhta dari banyak pengambil alih kuasa di Samaria) hanya mempunyai keberadaan yang singkat, keturunan Salomo akan memegang untuk banyak abad kepemilikan yang tak dipersoalkan lagi dari kerajaan Yerusalem. Tetapi dalam Maz 89:30 kita membaca, ‘Benih / keturunannya (benih / keturunan Daud) akan Aku buat untuk bertahan selama-lamanya, dan takhtanya sebagai hari-hari dari langit / surga’. Dan lagi dalam ay 37,38 suatu keberlanjutan dijamin padanya sama lamanya seperti matahari dan bulan. Karena itu, kami hampir tak bisa salah dalam keyakinan bahwa janji-janji ini menunjuk ke depan pada pendirian dari kerajaan Kristus, dan bahwa kepentingan yang besar dilekatkan pada pembangunan Bait Suci mendapatkan penjelasannya dengan hubungannya dengan Dia.].

Maz 89:30,37-38 - “(30) Aku menjamin akan adanya anak cucunya sampai selama-lamanya, dan takhtanya seumur langit. ... (37) Anak cucunya akan ada untuk selama-lamanya, dan takhtanya seperti matahari di depan mataKu, (38) seperti bulan yang ada selama-lamanya, suatu saksi yang setia di awan-awan.’ Sela”.

 

Pulpit Commentary: Keil also well points out that the temple was a symbol of Christ’s incarnation; for it meant the dwelling of God on earth. ‘I have surely,’ says Solomon, ‘built thee a house of habitation, a place for thee to dwell in forever’ (1 Kings 8:13). The same thought was in St. John’s mind when he said, ‘The Word became flesh, and dwelt as in a tabernacle among us’ (John 1:14). For the verb used by him, literally ‘tabernacled,’ is a comparison between Christ’s life on earth, and the dwelling of God in ‘the tent of meeting.’ But there is more than this. Christ himself calls his body ‘the temple’ (John 2:19,21). At the Resurrection he raised up again the temple of his body which the Jews had destroyed, and at the Ascension it was removed from the earth, to be reserved in heaven until his second advent. His reign now is spiritual, and his temple is not a building made with hands, but is the heart of the renewed believer (1 Cor 6:19). And this indwelling of Christ in the heart will continue unto the end of the present dispensation [= Keil secara bagus juga menunjukkan bahwa Bait Suci adalah suatu simbol dari inkarnasi Kristus; karena itu berarti tinggalnya Allah di bumi. ‘Aku pasti telah’, kata Salomo, ‘membangunkan Engkau sebuah rumah tempat tinggal, suatu tempat bagi Engkau untuk tinggal selama-lamanya’ (1Raja 8:13). Pemikiran yang sama ada dalam pikiran Santo Yohanes pada waktu ia berkata, ‘Firman itu menjadi daging / manusia, dan tinggal seperti dalam kemah di antara kita’ (Yoh 1:14). Karena kata kerja yang digunakan olehnya, secara hurufiah adalah ‘berkemah’, merupakan suatu perbandingan antara kehidupan Kristus di bumi dan tinggalnya Allah dalam ‘kemah pertemuan’. Tetapi di sana ada lebih banyak dari ini. Kristus sendiri menyebut tubuhNya ‘Bait Suci’ (Yoh 2:19,21). Pada kebangkitan Ia mendirikan kembali Bait dari tubuhNya yang dihancurkan oleh orang-orang Yahudi, dan pada kenaikanNya ke surga, tubuhNya disingkirkan dari bumi, untuk disimpan di surga sampai kedatanganNya yang kedua-kalinya. PemerintahanNya sekarang adalah pemerintahan rohani, dan BaitNya bukanlah suatu bangunan yang dibuat oleh tangan, tetapi adalah hati dari orang-orang percaya yang diperbaharui (1Kor 6:19). Dan penghunian Kristus dalam hati ini akan berlanjut sampai akhir dari jaman (dispensation) ini.].

1Raja 8:13 - “Sekarang, aku telah mendirikan rumah kediaman bagiMu, tempat Engkau menetap selama-lamanya.’”.

Yoh 1:14 - “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”.

Yoh 2:19,21 - “(19) Jawab Yesus kepada mereka: ‘Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.’ ... (21) Tetapi yang dimaksudkanNya dengan Bait Allah ialah tubuhNya sendiri.”.

1Kor 6:19 - “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, - dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?”.

 

4.   Ay 14: “Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anakKu. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.”.

 

a.         Ay 14a: “Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anakKu.”.

 

Pulpit Commentary: But this sonship is magnified in the Psalms beyond the measure of Solomon or any natural limits. The Son there is ‘the Firstborn,’ which Solomon was not, ‘higher than the kings of the earth’ (Ps 89:27); and he must have ‘the nations for his inheritance, and the uttermost parts of the earth for his possession’ (Ps 2:8). Psalms like the second and seventy-second belong, not to Solomon personally, but to him as the type of the prince of Peace; and they help to show us what is the true meaning and fulfilment of the words here. [= Tetapi ke-anak-an ini ditinggikan dalam Mazmur-mazmur melampaui ukuran dari Salomo dan batasan-batasan alamiah / wajar apapun. Di sana Anak adalah ‘Anak Sulung’, dan Salomo bukanlah anak sulung, ‘lebih tinggi dari pada raja-raja bumi’ (Maz 89:28); dan ia harus mempunyai ‘bangsa-bangsa untuk warisannya, dan ujung-ujung bumi untuk miliknya’ (Maz 2:8). Mazmur-mazmur seperti Maz 2 dan Maz 72 bukanlah milik Salomo secara pribadi, tetapi miliknya sebagai TYPE dari pangeran / raja Damai; dan Mazmur-mazmur itu membantu untuk menunjukkan kepada kita apa arti dan penggenapan sebenarnya dari kata-kata di sini.].

Maz 89:28 - “Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi.”.

Maz 2:8 - “Mintalah kepadaKu, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.”.

 

The Bible Exposition Commentary: Old Testament: God’s first announcement of the coming of the Savior was given in Gen 3:15, informing us that the Savior would be a human being and not an angel. Gen 12:3 tells us that He would be a Jew who would bless the whole world, and Gen 49:10 that He would come through the tribe of Judah. In this covenant, God announced to David that Messiah would come through his family, and Mic 5:2 prophesied that He would be born in Bethlehem, the City of David (see Matt 2:6). No wonder the king was so elated when he learned that Messiah would be known as ‘the Son of David’ (Matt 1:1)! [= Pengumuman Allah yang pertama tentang kedatangan sang Juruselamat diberikan dalam Kej 3:15, memberikan informasi kepada kita bahwa sang Juruselamat akan merupakan seorang manusia dan bukannya seorang malaikat. Kej 12:3 memberi tahu kita bahwa Ia adalah seorang Yahudi yang akan memberkati seluruh dunia, dan Kej 49:10 bahwa Ia akan datang melalui suku Yehuda. Dalam perjanjian ini, Allah mengumumkan kepada Daud bahwa Mesias akan datang melalui keluarganya, dan Mik 5:1 menubuatkan bahwa Ia akan dilahirkan di Betlehem, Kota Daud (lihat Mat 2:6). Tak heran sang raja begitu gembira pada waktu ia mempelajari bahwa Mesias akan dikenal sebagai ‘Anak Daud’ (Mat 1:1)].

Kej 3:15 - “Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.’”.

Kej 12:3 - “Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.’”.

Kej 49:10 - “Tongkat kerajaan tidak akan beranjak dari Yehuda ataupun lambang pemerintahan dari antara kakinya, sampai dia datang yang berhak atasnya, maka kepadanya akan takluk bangsa-bangsa.”.

Mikha 5:1 - “Tetapi engkau, hai Betlehem Efrata, hai yang terkecil di antara kaum-kaum Yehuda, dari padamu akan bangkit bagiKu seorang yang akan memerintah Israel, yang permulaannya sudah sejak purbakala, sejak dahulu kala.”.

Mat 2:6 - “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umatKu Israel.’”.

Mat 1:1 - “Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.”.

 

b.   Ay 14b: “Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.”.

NASB: ‘when he commits iniquity, I will correct him with the rod of men and the strokes of the sons of men,’ (= pada waktu ia melakukan kesalahan, Aku akan mengkoreksi dia dengan tongkat / rotan dari manusia, dengan pukulan-pukulan dari anak-anak manusia,).

 

(1)  Pembahasan penafsiran Adam Clarke tentang 2Sam 7:14b.

Adam Clarke menafsirkan secara paling berbeda. Ia mengubah terjemahan yang umum, dan tetap menerapkan kalimat ini kepada Mesias / Yesus.

Adam Clarke mengatakan (hal 327) bahwa kata-kata ‘to commit iniquity’ (= melakukan kejahatan) bisa diterjemahkan ‘to suffer for iniquity’ (= menderita untuk kejahatan). Juga ia berpendapat bahwa kata ‘iniquity’ (= kejahatan) bisa diterjemahkan ‘punishment’ (= hukuman). Jadi, ia lalu mengubah kata-kata ‘if he commit iniquity’ (= jika ia melakukan kejahatan) menjadi ‘even in his suffering for iniquity’ (= bahkan dalam penderitaannya untuk kejahatan), dan ia menerapkan anak kalimat ini kepada Kristus!

 

Juga kata-kata ‘Aku akan menghukum (menghajar) dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia’ diartikan oleh Clarke sebagai menunjuk kepada penderitaan Kristus dalam memikul dosa / hukuman kita.

Bdk. Yes 53:4-5 - “(4) Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah. (5) Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.”.

Dengan demikian, menurut Clarke, bagian ini cocok untuk Mesias.

 

Adam Clarke: As to the third and greatest difficulty, that also may be removed by a more just translation of 2 Sam 7:14; for the Hebrew words do not properly signify what they are now made to speak. It is certain that the principal word, ‎behaavotho, is not the active infinitive of Qal, which would be vtvfb, but tvfh from hvf is in Niphal, as tvlgh from hlg. It is also certain that a verb, which in the active voice signifies to ‘commit iniquity,’ may, in the passive signify to ‘suffer for iniquity;’ and hence, it is that nouns from such verbs sometimes signify ‘iniquity,’ sometimes ‘punishment.’ ... The way being thus made clear, we are now prepared for abolishing our translation, ‘if he commit iniquity;’ and also for adopting the true one, ‘even in his suffering for iniquity.’ The Messiah, who is thus the person possibly here spoken of, will be made still more manifest from the whole verse thus translated: ‘I will be his father, and he shall be my son: EVEN IN HIS SUFFERING FOR INIQUITY, I shall chasten him with the rod of men (with the rod due to men), and with the stripes (due to) the children of ADAM.’ And this construction is well supported by Isa 53:4-5: ‘He hath carried OUR SORROWS, (i.e., the sorrows due to us and which we must otherwise have suffered,) he was wounded for our transgressions, he was bruised for our iniquities: the chastisement of our peace was upon him; and with his stripes we are healed. (= ).

 

Sekarang mari kita bandingkan tafsiran Adam Clarke itu dengan Maz 89:31-33.

Maz 89:31-33 - “(31) Jika anak-anaknya meninggalkan TauratKu dan mereka tidak hidup menurut hukumKu, (32) jika ketetapanKu mereka langgar dan tidak berpegang pada perintah-perintahKu, (33) maka Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan.”.

 

Supaya jelas kontextnya, saya memberikan Maz 89:21-38 - “(21) Aku telah mendapat Daud, hambaKu; Aku telah mengurapinya dengan minyakKu yang kudus, (22) maka tanganKu tetap dengan dia, bahkan lenganKu meneguhkan dia. (23) Musuh tidak akan menyergapnya, dan orang curang tidak akan menindasnya. (24) Aku akan menghancurkan lawannya dari hadapannya, dan orang-orang yang membencinya akan Kubunuh. (25) KesetiaanKu dan kasihKu menyertai dia, dan oleh karena namaKu tanduknya akan meninggi. (26) Aku akan membuat tangannya menguasai laut, dan tangan kanannya menguasai sungai-sungai. (27) Diapun akan berseru kepadaKu: ‘Bapaku Engkau, Allahku dan gunung batu keselamatanku.’ (28) Akupun juga akan mengangkat dia menjadi anak sulung, menjadi yang mahatinggi di antara raja-raja bumi. (29) Aku akan memelihara kasih setiaKu bagi dia untuk selama-lamanya, dan perjanjianKu teguh bagi dia. (30) Aku menjamin akan adanya anak cucunya sampai selama-lamanya, dan takhtanya seumur langit. (31) Jika anak-anaknya meninggalkan TauratKu dan mereka tidak hidup menurut hukumKu, (32) jika ketetapanKu mereka langgar dan tidak berpegang pada perintah-perintahKu, (33) maka Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan. (34) Tetapi kasih setiaKu tidak akan Kujauhkan dari padanya dan Aku tidak akan berlaku curang dalam hal kesetiaanKu. (35) Aku tidak akan melanggar perjanjianKu, dan apa yang keluar dari bibirKu tidak akan Kuubah. (36) Sekali Aku bersumpah demi kekudusanKu, tentulah Aku tidak akan berbohong kepada Daud: (37) Anak cucunya akan ada untuk selama-lamanya, dan takhtanya seperti matahari di depan mataKu, (38) seperti bulan yang ada selama-lamanya, suatu saksi yang setia di awan-awan.’ Sela”.

 

Dalam tafsirannya tentang Maz 89, Adam Clarke tidak memberikan penafsiran tentang bagian ini, tetapi menyuruh para pembacanya melihat pada tafsirannya tentang 2Sam 7:14. Padahal tafsirannya tentang 2Sam 7:14b, yang mengubah terjemahan yang umum, tidak mungkin bisa diterapkan dalam Maz 89 ini! Mengapa?

(a)  Kata kerja yang digunakan berbeda, sehingga dalam Maz 89 tak bisa diubah seperti yang Clarke lakukan dalam 2Sam 7:14b.

(b)  Dalam Maz 89:31-32 ini ada kata-kata ‘TauratKu’, ‘hukumKu’, ‘ketetapanKu’, dan ‘perintah-perintahKu’, yang semuanya tidak ada dalam 2Sam 7:14b.

(c)  dalam 2Sam 7:14 subyeknya ada dalam bentuk tunggal, sedangkan dalam Maz 89:31-32 subyeknya ada dalam bentuk jamak. Ini lebih-lebih tidak memungkinkan untuk menerapkan tafsiran Adam Clarke tentang 2Sam 7:14b pada Maz 89:31-32!

 

Untuk jelasnya saya berikan 2Sam 7:14 dan Maz 89:31-33 sekali lagi di sini.

2Sam 7:14 - “Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anakKu. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.”.

Maz 89:31-33 - “(31) Jika anak-anaknya meninggalkan TauratKu dan mereka tidak hidup menurut hukumKu, (32) jika ketetapanKu mereka langgar dan tidak berpegang pada perintah-perintahKu, (33) maka Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan.”.

 

(2)  Tafsiran para penafsir yang lain: ini menunjuk pada kesalahan dari keturunan alamiah Daud, atau kepada orang-orang percaya, dan tidak bisa diterapkan kepada Mesias / Yesus (yang sama sekali tak mempunyai kesalahan / dosa).

 

Pulpit Commentary (tentang 2Sam 7:14b): “‘The rod of men;’ that is, such punishment as men fitly receive for their faults. David’s natural posterity was to be exempt neither from human depravity, nor from punishment, nor from the changes and chances of mortal life. With them, as with men generally, there would be a tangled skein, of virtue and sin, of folly and wisdom, of terrible fall and penitent recovery. But there was to be no blotting out of David’s lineage. Great earthly houses, in the long course of events, one after another become extinct, and even the tabernacle of David was to fall (Amos 9:11), but not forever. God would ‘raise up its ruins’ in Christ, and ‘build it as in the days of old.’ So in Isa 9:1 there is the same thought of the complete down-hewing of David’s earthly lineage, yet only to rise again to nobler life and vigour, in the Branch, or Sucker, that was to spring from the fallen trunk.” [= ‘Tongkat / rotan manusia’; artinya, hukuman seperti itu yang secara cocok manusia terima untuk kesalahan-kesalahan mereka. Keturunan alamiah dari Daud tidak dibebaskan / dikecualikan dari kebejatan manusia, atau dari hukuman, atau dari perubahan-perubahan dan resiko-resiko dari hidup yang fana. Bagi mereka, seperti bagi manusia secara umum, di sana akan ada gumpalan rambut / benang kusut, dari kebaikan dan dosa, dari ketololan dan hikmat, dari kejatuhan yang hebat dan pemulihan penyesalan. Tetapi di sana tidak ada penghapusan garis keturunan. Keluarga-keluarga duniawi yang besar, dalam jangka panjang, satu per satu menjadi musnah, dan bahkan kemah Daud harus jatuh (Amos 9:11), tetapi tidak untuk selama-lamanya. Allah akan ‘mendirikan kembali reruntuhannya’ dalam Kristus, dan ‘membangunnya seperti di jaman dahulu’. Demikianlah dalam Yes 8:23 ada pemikiran yang sama tentang penebangan total dari garis keturunan duniawi Daud, tetapi hanya untuk bangkit kembali pada kehidupan dan kekuatan yang lebih mulia, dalam Cabang, atau Tunas, yang harus muncul dari batang pohon yang jatuh.].

Amos 9:11 - “‘Pada hari itu Aku akan mendirikan kembali pondok Daud yang telah roboh; Aku akan menutup pecahan dindingnya, dan akan mendirikan kembali reruntuhannya; Aku akan membangunnya kembali seperti di zaman dahulu kala,”.

Yes 8:23 - “Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.”.

Catatan: Yes 8:23 (Indonesia) = Isa 9:1 (Inggris).

 

Jamieson, Fausset & Brown (tentang 2Sam 7:14): “‘If he commit iniquity,’ … It cannot mean, if the Messiah commit iniquity, but whosoever of David’s natural posterity shall do so, as is plainly determined, Ps 89:30-32; 132:12 (= ‘Apabila ia melakukan kesalahan’. ... Itu tidak bisa berarti, jika sang Mesias melakukan kesalahan, tetapi siapapun dari keturunan Daud akan melakukan itu, seperti dengan jelas ditentukan, Maz 89:31-33; 132:12).

Maz 89:31-33 - “(31) Jika anak-anaknya meninggalkan TauratKu dan mereka tidak hidup menurut hukumKu, (32) jika ketetapanKu mereka langgar dan tidak berpegang pada perintah-perintahKu, (33) maka Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan.”.

Maz 132:12 - “jika anak-anakmu berpegang pada perjanjianKu, dan pada peraturan-peraturanKu yang Kuajarkan kepada mereka, maka anak-anak mereka selama-lamanya akan duduk di atas takhtamu.’”.

 

Keil & Delitzsch (tentang 2Sam 7:14): “It is very obvious, from all the separate details of this promise, that it related primarily to Solomon, and had a certain fulfilment in him and his reign. On the death of David, his son Solomon ascended the throne, and God defended his kingdom against the machinations of Adonijah (1 Kings 2:12); so that Solomon was able to say, ‘The Lord hath fulfilled His word that He spoke; for I have risen up in the stead of my father David,’ etc. (1 Kings 8:20). Solomon built the temple, as the Lord said to David (1 Kings 5:19; 8:15ff.). But in his old age Solomon sinned against the Lord by falling into idolatry; and as a punishment for this, after his death his kingdom was rent from his son, not indeed entirely, as one portion was still preserved to the family for David’s sake (1 Kings 11:9ff.). Thus the Lord punished him with rods of men, but did not withdraw from him His grace.” [= Adalah sangat jelas, dari semua detail-detail yang terpisah dari janji ini, bahwa itu berhubungan terutama dengan Salomo, dan mempunyai penggenapan tertentu dalam dia dan pemerintahannya. Pada kematian Daud, anaknya Salomo naik takhta, dan Allah mempertahankan kerajaannya terhadap intrik / akal bulus dari Adonia (1Raja 2:12); sehingga Salomo bisa berkata ‘Jadi TUHAN telah menepati janji yang telah diucapkanNya; aku telah bangkit menggantikan Daud, ayahku,’ dst. (1Raja 8:20). Salomo membangun Bait Suci, seperti yang Tuhan katakan kepada Daud (1Raja 5:19; 8:15-dst.). Tetapi dalam masa tuanya Salomo berdosa terhadap Tuhan dengan jatuh ke dalam penyembahan berhala; dan sebagai hukuman untuk ini, setelah kematiannya kerajaannya dikoyak dari anaknya, memang tidak sepenuhnya, karena satu bagian tetap dijaga / dipertahankan bagi keluarganya demi Daud (1Raja 11:9-dst.). Jadi, Tuhan menghukum dia dengan tongkat manusia, tetapi tidak menarik darinya kasih karuniaNya.].

 

Matthew Henry (tentang 2Sam 7:14,15): “The supposition of committing iniquity cannot indeed be applied to the Messiah himself, but it is applicable (and very comfortable) to his spiritual seed. True believers have their infirmities, for which they may expect to be corrected, but they shall not be cast off. Every transgression in the covenant will not throw us out of covenant.” [= Anggapan tentang melakukan kesalahan memang tidak bisa diterapkan kepada sang Mesias sendiri, tetapi itu bisa dipakai / diterapkan (dan sangat menyenangkan) kepada benih / keturunan rohaniNya. Orang-orang percaya yang sejati mempunyai kelemahan-kelemahan mereka, untuk mana mereka bisa berharap untuk dikoreksi, tetapi mereka tidak akan dibuang. Setiap pelanggaran dalam perjanjian tidak akan membuang / mengeluarkan kita dari perjanjian.].

 

Calvin: “when he added that if the Son (of whom he was speaking) should misbehave and fail, then his sins would be visited by chastisements, but they would be chastisements of men. ... since we have applied this promise to the person of our Lord Jesus Christ, you could ask how these things could fit together: provision in case he should fail and behave badly; and unjustly - since he was the Lamb of God without spot. ... Hence, why does it say that if he should happen to fall away, then he would be punished with stripes of rods and corrections for men? ... since this cannot apply of our Lord Jesus Christ, we can thus conclude that it was not for himself alone that God had spoken; but for us who are members of his body. ... Well, let us come to the second part of the promise where it says that ‘when he behaves badly, I will visit his iniquities with the stripes of men’ (2Sam. 7:14). We have already shown that since this does not refer to the person of our Lord Jesus Christ, it must refer to us who are members of him;” [= pada waktu ia menambahkan bahwa jika Anak (tentang siapa ia sedang berbicara) berbuat jahat dan gagal, maka dosa-dosanya harus dikunjungi dengan hajaran-hajaran, tetapi hajaran-hajaran itu adalah hajaran-hajaran manusia. ... karena kami telah menerapkan janji ini kepada pribadi / diri dari Tuhan kita Yesus Kristus, engkau bisa menanyakan bagaimana hal-hal ini bisa cocok bersama-sama: ketetapan dalam kasus ia gagal dan berkelakuan buruk; dan dengan tidak benar - karena Ia adalah Anak Domba Allah yang tak bercacat. ... Jadi, mengapa dikatakan bahwa jika ia jatuh, maka ia akan dihukum dengan bilur-bilur dari tongkat dan koreksi-koreksi untuk manusia? ... karena ini tak bisa berlaku tentang Tuhan kita Yesus Kristus, maka kami / kita bisa menyimpulkan bahwa Allah telah berbicara bukan untuk diriNya sendiri; tetapi untuk kita yang adalah anggota-anggota tubuhNya. ... Marilah kita datang pada bagian kedua dari janji dimana dikatakan bahwa ‘pada waktu ia berlaku buruk, Aku akan mengunjungi kesalahan-kesalahannya dengan bilur-bilur dari manusia’ (2Sam 7:14). Kami telah menunjukkan bahwa karena ini tidak menunjuk kepada pribadi / diri dari Tuhan kita Yesus Kristus, itu harus menunjuk kepada kita yang adalah anggota-anggotaNya;] - ‘Sermons on 2 Samuel’, hal 331,333.

 

(3)  Sebagai perbandingan, mari kita melihat beberapa tafsiran tentang Maz 89, yang jelas berbicara tentang hal yang sama dengan yang dibicarakan dalam 2Sam 7 ini.

 

Maz 89:31-33 - “(31) Jika anak-anaknya meninggalkan TauratKu dan mereka tidak hidup menurut hukumKu, (32) jika ketetapanKu mereka langgar dan tidak berpegang pada perintah-perintahKu, (33) maka Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan.”.

 

Calvin (tentang Maz 89:31): “The prophet proceeds yet farther, declaring, that although the posterity of David should fall into sin, yet God had promised to show himself merciful towards them, and that he would not punish their transgressions to the full extent of their desert. ... It was very necessary that this should be added; for so easily do we slide into evil, and so prone are we to continual falls, that unless God, in the exercise of his infinite mercy, pardoned us, there would not be a single article of his covenant which would continue stedfast. God, therefore, seeing that it could not be otherwise, but that the posterity of David, in so far as it depended upon themselves, would frequently fall from the covenant, by their own fault, has provided a remedy for such cases, in his pardoning grace. ... To limit what is here said to the ancient people of Israel, is an exposition not only absurd, but altogether impious. ... so the pardon which is here promised belongs to the spiritual kingdom of Christ: and it may be equally gathered from this passage, that the salvation of the Church depends solely upon the grace of God, and the truth of his promises” (= Sang nabi meneruskan lebih jauh, dengan menyatakan bahwa sekalipun keturunan Daud jatuh ke dalam dosa, tetapi Allah telah berjanji menunjukkan diriNya sendiri berbelas kasihan kepada mereka, dan bahwa Ia tidak akan menghukum pelanggaran mereka sampai pada tingkat yang penuh dari ganjaran mereka. ... Adalah sangat perlu bahwa hal ini ditambahkan; karena dengan begitu mudah kita tergelincir ke dalam kejahatan, dan begitu condong kita pada kejatuhan yang terus menerus, sehingga kecuali Allah, dalam penggunaan dari belas kasihanNya yang tak terbatas, mengampuni kita, maka tidak akan ada satu artikelpun dari perjanjianNya yang bisa terus setia / menetap. Karena itu, pada waktu Allah melihat bahwa tidak bisa lain, kecuali bahwa keturunan Daud, sejauh itu tergantung kepada diri mereka sendiri, akan berulang-ulang jatuh dari perjanjian, oleh kesalahan mereka sendiri, telah menyediakan suatu obat / cara pengobatan untuk kasus-kasus seperti itu, dalam kasih karuniaNya yang mengampuni. ... Membatasi apa yang dikatakan di sini pada bangsa Israel kuno merupakan suatu exposisi yang bukan hanya menggelikan, tetapi sama sekali jahat. ... demikianlah pengampunan yang dijanjikan di sini merupakan milik dari kerajaan rohani Kristus: dan juga bisa didapatkan secara sama dari text ini, bahwa keselamatan dari Gereja tergantung semata-mata pada kasih karunia Allah, dan kebenaran dari janji-janjiNya).

 

Calvin (tentang Maz 89:31): “This fatherly chastisement then, which operates as medicine, holds the medium between undue indulgence, which is an encouragement to sin, and extreme severity, which precipitates persons into destruction. Here the inspired writer adverts to the prophecy recorded in 2 Samuel 7:14, where God declares that in chastising his own people, he will proceed after the manner of men - ‘If he commit iniquity, I will chasten him with the rod of men, and with the stripes of the children of men.’ (2 Samuel 7:14). God there speaks of his chastising his people after the manner of men, either because the anger of a father in correcting his children proceeds from love, - for he sees that otherwise he would fail in promoting their good; or it contains a contrast between God and men, implying, that in the task of chastising he will proceed with moderation and gentleness; for, were he to put forth his strength, he would immediately bring us to nothing, yea, he could do this simply by moving one of his fingers. The scope of both passages undoubtedly is, that whenever God punishes the sins of true believers, he will observe a wholesome moderation; and it is therefore our duty to take all the punishments which he inflicts upon us, as so many medicines” [= Maka, hajaran kebapaan ini, yang bekerja seperti obat, memegang bagian di tengah-tengah diantara tindakan menuruti kemauan hati yang tidak semestinya, yang merupakan suatu dorongan pada dosa, dan kekerasan yang extrim, yang dengan cepat-cepat melemparkan orang-orang ke dalam kehancuran. Di sini penulis yang diilhami menunjuk pada nubuat yang dicatat dalam 2Samuel 7:14, dimana Allah menyatakan bahwa dalam menghajar bangsaNya sendiri, Ia akan mengambil tindakan menurut cara manusia - ‘Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum (menghajar) dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia’ (2Samuel 7:14). Di sana Allah berbicara tentang tindakanNya menghajar bangsaNya menurut cara manusia, atau karena kemarahan dari seorang bapa dalam mengkoreksi anak-anaknya keluar dari kasih, - karena Ia melihat bahwa kalau tidak Ia akan gagal dalam memajukan kebaikan mereka; atau itu mengandung suatu kontras antara Allah dan manusia, yang secara tak langsung menunjukkan bahwa dalam tugas menghajar Ia akan bertindak dengan sikap tidak berlebih-lebihan dan kelembutan; karena seandainya Ia mengeluarkan kekuatanNya, Ia akan segera memusnahkan kita, ya, Ia bisa melakukan hal ini hanya dengan menggerakkan satu dari jari-jariNya. Jangkauan dari kedua text tak diragukan adalah bahwa kapanpun Allah menghukum dosa-dosa dari orang-orang percaya yang sejati, Ia akan menjalankan tindakan moderat yang sehat / bermanfaat; dan karena itu merupakan kewajiban kita untuk menerima semua hukuman yang Ia berikan kepada kita sebagai banyak obat].

 

Calvin (tentang Maz 89:31): “God has nothing else in view than to correct the vices of his children, in order that, after having thoroughly purged them, he may restore them anew to his favor and friendship; according to the words of Paul in 1 Corinthians 11:33, which affirm that the faithful ‘are chastened of the Lord, that they should not be condemned with the world.’ For this reason, lest they should be overwhelmed with the weight of chastisement, he restrains his hand, and makes considerate allowance for their infirmity. Thus the promise is fulfilled, That ‘he does not withdraw his loving-kindness from’ his people, even when he is angry with them; for, while he is correcting them for their profit and salvation, he does not cease to love them” (= Allah tidak mempunyai hal lain dalam pandanganNya dari pada memperbaiki kejahatan-kejahatan dari anak-anakNya, supaya setelah menyucikan mereka, Ia bisa memulihkan mereka lagi pada kebaikan dan persahabatanNya; sesuai dengan kata-kata Paulus dalam 1Kor 11:33, yang menegaskan bahwa orang-orang percaya ‘dihajar oleh Tuhan, supaya mereka tidak dihukum bersama-sama dengan dunia’. Untuk alasan ini, supaya mereka tidak dibanjiri dengan berat dari hajaran, Ia menahan tanganNya, dan membuat kelonggaran yang baik untuk kelemahan mereka. Maka janji itu digenapi, Bahwa ‘Ia tidak akan menarik kebaikanNya yang penuh kasih dari’ umatNya, bahkan pada saat Ia marah kepada mereka; karena, sekalipun Ia memperbaiki mereka untuk keuntungan dan keselamatan mereka, Ia tidak berhenti untuk mengasihi mereka).

Catatan: ‘1Kor 11:33’ seharusnya adalah ‘1Kor 11:32’.

1Kor 11:32 - “Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik, supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia.”.

KJV: ‘But when we are judged, we are chastened of the Lord, that we should not be condemned with the world’ (= Tetapi pada waktu kita dihakimi, kita dihajar oleh Tuhan, supaya kita tidak dihukum dengan / bersama dunia).

 

Calvin (tentang Maz 89:35): “He had said above, ‘If the children of David break my statutes;’ and now, alluding to that breach, he declares that he will not requite them as they requite him, ‘My covenant will I not break,’ implying, that although his people may not altogether act in a manner corresponding to their vocation, as they ought to do, he will not suffer his covenant to be broken and disannulled on account of their fault, because he will promptly and effectually prevent this in the way of blotting out their sins by a gratuitous pardon. ... When the Jews, by their ingratitude and treachery, revolted from him, the covenant was not disannulled, because it was founded upon the perfect immutability of his nature. And still, at the present day, when our sins mount even to the heavens, the goodness of God fails not to rise above them, since it is far above the heavens” (= Ia telah mengatakan di atas, ‘Jika anak-anak Daud melanggar peraturan-peraturanKu’; dan sekarang, menyinggung tentang pelanggaran itu, Ia menyatakan bahwa Ia tidak akan membalas mereka seperti mereka membalasNya, ‘PerjanjianKu tidak akan Aku langgar’, secara tak langsung menunjukkan bahwa sekalipun umatNya bisa sama sekali tidak bertindak dengan cara yang sesuai dengan panggilan mereka, seperti yang seharusnya mereka lakukan, Ia tidak akan mengijinkan perjanjianNya untuk dihancurkan dan dibatalkan karena kesalahan mereka, karena Ia akan dengan segera dan secara effektif menghalangi ini dengan cara menghapuskan dosa-dosa mereka oleh suatu pengampunan yang penuh kasih karunia. ... Pada waktu orang-orang Yahudi, oleh rasa tidak tahu terima kasih dan pengkhianatan mereka, memberontak dari Dia, perjanjian itu tidak dibatalkan, karena perjanjian itu didasarkan pada ketidak-berubahan yang mutlak dari sifat dasar / hakekatNya. Dan tetap, pada jaman ini, pada waktu dosa-dosa kita meningkat bahkan sampai ke surga / langit, kebaikan Allah tidak gagal untuk naik melampaui dosa-dosa itu, karena kebaikanNya berada jauh di atas surga / langit).

 

Matthew Henry (tentang Maz 89): “His seed shall endure for ever, and with it his throne. Now this will be differently understood according as we apply it to Christ or David. (1.) If we apply it to David, by his seed we are to understand his successors, Solomon and the following kings of Judah, who descended from the loins of David. It is supposed that they might degenerate, and not walk in the spirit and steps of their father David; in such a case they must expect to come under divine rebukes, such as the house of David was at this time under, v. 38. But let this encourage them, that, though they were corrected, they should not be abandoned or disinherited. ... If David’s posterity, in after-times, should forsake God and their duty and revolt to the ways of sin, God would bring desolating judgments upon them and ruin the family; and yet he would not take away his lovingkindness from David, nor break his covenant with him; for, in the Messiah, who should come out of his loins, all these promises shall have their accomplishment to the full. Thus, when the Jews were rejected, the apostle shows that God’s covenant with Abraham was not broken, because it was fulfilled in his spiritual seed, the heirs of the righteousness of faith, Rom 11:7. (2.) If we apply it to Christ, by his seed we are to understand his subjects, all believers, his spiritual seed, the children which God has given him, Heb 2:13. This is that seed which shall be made to endure for ever, ... To the end Christ shall have a people in the world to serve and honour him” [= Keturunannya akan bertahan selama-lamanya, dan bersama itu takhtanya. Ini akan dimengerti secara berbeda kalau diterapkan kepada Kristus atau kepada Daud. (1) Jika kita menerapkannya kepada Daud, dengan ‘keturunannya’ kita harus mengerti pengganti-penggantinya, Salomo dan raja-raja berikutnya dari Yehuda, yang diturunkan dari tubuh Daud. Dianggap bahwa mereka mungkin menjadi rusak, dan tidak berjalan dalam roh dan langkah dari bapa / nenek moyang mereka, Daud; dalam kasus seperti itu mereka harus mengharapkan untuk datang di bawah kemarahan ilahi, seperti keluarga Daud pada saat ini ada di bawahnya, ay 39. Tetapi hendaklah ini memberi semangat kepada mereka, bahwa, sekalipun mereka dihukum untuk memperbaiki mereka, mereka tidak ditinggalkan atau dicabut hak warisnya. ... Jika keturunan Daud, di waktu belakangan, meninggalkan Allah dan kewajiban mereka, dan memberontak ke jalan dosa, Allah akan membawa penghakiman yang muram terhadap mereka dan menghancurkan keluarga mereka; tetapi Ia tidak akan menghapus kebaikanNya yang penuh kasih dari Daud, ataupun membatalkan perjanjianNya dengan dia; karena dalam diri Mesias, yang harus datang dari tubuhnya, semua janji-janji ini akan mendapatkan penggenapan mereka sepenuhnya. Karena itu, pada waktu orang-orang Yahudi ditolak, sang rasul menunjukkan bahwa perjanjian Allah dengan Abraham tidak dibatalkan, karena perjanjian itu digenapi dalam keturunan rohaninya, pewaris-pewaris dari kebenaran dari iman, Ro 11:7. (2) Jika kita menerapkannya kepada Kristus, dengan ‘keturunanNya’ kita harus mengertinya sebagai orang-orang yang ada di bawah otoritasNya, semua orang percaya, keturunan rohaniNya, anak-anak yang Allah berikan kepadaNya, Ibr 2:13. Ini adalah keturunan yang akan dibuat bertahan selama-lamanya, ... Sampai akhir Kristus akan mempunyai suatu umat di dunia untuk melayani dan menghormatiNya].

Maz 89:39-53 - “(39) Tetapi Engkau sendiri menolak dan membuang, menjadi gemas kepada orang yang Kauurapi, (40) membatalkan perjanjian dengan hambaMu, menajiskan mahkotanya laksana debu, (41) melanda segala temboknya, membuat kubu-kubunya menjadi reruntuhan. (42) Semua orang yang lewat di jalan merampoknya, dan ia menjadi cela bagi tetangganya. (43) Engkau telah meninggikan tangan kanan para lawannya, telah membuat semua musuhnya bersukacita. (44) Juga Kaubalikkan mata pedangnya, dan tidak membuat dia dapat bertahan dalam peperangan. (45) Engkau menghentikan kegemilangannya, dan takhtanya Kaucampakkan ke bumi. (46) Kaupendekkan masa mudanya, Kauselubungi dia dengan malu. Sela (47) Berapa lama lagi, ya TUHAN, Engkau bersembunyi terus-menerus, berkobar-kobar murkaMu laksana api? (48) Ingatlah apa umur hidup itu, betapa sia-sia Kauciptakan semua anak manusia! (49) Siapakah orang yang hidup dan yang tidak mengalami kematian, yang dapat meluputkan nyawanya dari kuasa dunia orang mati? Sela (50) Di manakah kasih setiaMu yang mula-mula, ya Tuhan, yang telah Kaujanjikan dengan sumpah kepada Daud demi kesetiaanMu? (51) Ingatlah cela hambaMu, ya Tuhan, bahwa dalam dadaku aku menanggung penghinaan segala bangsa, (52) yang dilontarkan oleh musuh-musuhMu, ya TUHAN, yang dilontarkan mencela jejak langkah orang yang Kauurapi. (53) Terpujilah TUHAN untuk selama-lamanya! Amin, ya amin”.

Catatan: jelas bahwa apa yang dibicarakan dalam text di atas ini tidak mungkin ditafsirkan bahwa Tuhan betul-betul membatalkan perjanjianNya. Ini hanya menunjukkan bahwa kelihatannya Tuhan bersikap seperti itu.

Ro 11:7 - “Jadi bagaimana? Israel tidak memperoleh apa yang dikejarnya, tetapi orang-orang yang terpilih telah memperolehnya. Dan orang-orang yang lain telah tegar hatinya”.

Ibr 2:13b - “‘Sesungguhnya, inilah Aku dan anak-anak yang telah diberikan Allah kepadaKu.’”.

 

Matthew Henry (tentang Maz 89): “It is here supposed that there will be much amiss in the subjects of Christ’s kingdom. His children may forsake God’s law (v. 30) by omissions, and break his statutes (v. 31) by commissions. ... Their being related to Christ shall not excuse them from being called to an account. But observe what affliction is to God’s people. 1. It is but a rod, not an axe, not a sword; it is for correction, not for destruction. This denotes gentleness in the affliction; it is the rod of men, such a rod as men use in correcting their children; and it denotes a design of good in and by the affliction, such a rod as yields the peaceable fruit of righteousness. 2. It is a rod on the hand of God (I will visit them), he who is wise, and knows what he does, gracious, and will do what is best.” [= Di sini dianggap bahwa disana akan ada banyak kesalahan dalam orang-orang yang berada di bawah otoritas dari kerajaan Kristus. Anak-anakNya bisa meninggalkan hukum-hukum Allah (ay 31) oleh pengabaian, dan melanggar peraturan-peraturanNya (ay 32) oleh tindakan-tindakan. ... Hubungan mereka dengan Kristus tidak akan membebaskan mereka dari panggilan untuk pertanggung-jawaban. Tetapi perhatikan apa penderitaan itu bagi umat Allah. 1. Itu hanyalah tongkat, bukan kapak, bukan pedang; itu adalah untuk memperbaiki, bukan untuk menghancurkan. Ini menunjukkan kelembutan dalam penderitaan; itu adalah tongkat manusia, seperti tongkat yang dipakai oleh manusia untuk memperbaiki anak-anak mereka; dan itu menunjukkan rancangan yang baik dalam dan oleh penderitaan itu, seperti sebuah tongkat karena menghasilkan buah kebenaran yang penuh damai. 2. Itu adalah tongkat di tangan Allah (Aku akan mengunjungi mereka), Ia yang bijaksana, dan tahu apa yang Ia lakukan, penuh kasih karunia, dan akan melakukan apa yang terbaik.].

Catatan:

Maz 89:33 - maka Aku akan membalas pelanggaran mereka dengan gada, dan kesalahan mereka dengan pukulan-pukulan.

KJV: ‘Then will I visit their transgression with the rod, and their iniquity with stripes’ (= Maka Aku akan mengunjungi pelanggaran mereka dengan tongkat, dan kesalahan mereka dengan cambuk).

 

Matthew Henry (tentang Maz 89): “Note, Afflictions are not only consistent with covenant-love, but to the people of God they flow from it. Though David’s seed be chastened, it does not follow that they are disinherited; they may be cast down, but they are not cast off.” (= Perhatikan, Penderitaan-penderitaan bukan hanya konsisten dengan kasih perjanjian, tetapi bagi umat Allah penderitaan itu keluar dari kasih perjanjian. Sekalipun keturunan Daud dihajar, itu tidak berarti mereka dicabut dari hak waris; mereka bisa sedih / tertekan, tetapi mereka tidak dibuang.).

 

Barnes’ Notes (tentang Maz 89:32): “‘Then will I visit their transgression with the rod.’ They shall be punished, though my mercy shall not be wholly taken from them. God has two objects in his dealings with his backsliding and offending people; (a) one is to show his displeasure at their conduct, or to punish them; (b) the other is to reclaim them. All who have been truly converted, or who are truly his people, will be recovered though they fall into sin; but it may be done, and will be likely to be done, in such a way as to show his own displeasure at their offences.” [= ‘Maka Aku akan mengunjungi pelanggaran mereka dengan tongkat’. Mereka akan dihukum, sekalipun belas kasihanKu tidak akan diambil sepenuhnya dari mereka. Allah mempunyai dua tujuan dalam penangananNya terhadap umatNya yang mundur dan bersalah; (a) yang satu adalah menunjukkan ketidak-senanganNya pada tingkah laku mereka, atau menghukum mereka; (b) yang lain adalah untuk memperoleh mereka kembali. Semua yang telah sungguh-sungguh bertobat, atau yang sungguh-sungguh adalah umatNya, akan dipulihkan sekalipun mereka jatuh ke dalam dosa; tetapi itu bisa dilakukan, dan sangat mungkin akan dilakukan, dengan suatu cara sehingga menunjukkan ketidak-senanganNya sendiri terhadap kesalahan-kesalahan mereka.].

 

Barnes’ Notes (tentang Maz 89:33): “‘Will I not utterly take from him.’ ... This passage contains a very important principle in regard to the dealings of God with his people. The principle is, that if people are converted, if they in fact become his people - he will never suffer them wholly to fall away and perish. They may be suffered to backslide; they may fall into sin, but they will not be allowed to go so far as to apostatize wholly. They will be brought back again. Whatever method may be necessary for this, will be adopted. Commands; warnings; entreaties; remonstrances; their own experience; the admonitions of others; the influences of the Holy Spirit: judgments and calamities; sickness; loss of property; bereavement; disappointment; disgrace; any of these, or all of these, may be resorted to, in order to bring them back; but they will be brought back. God, in mercy and in love, will so visit them with sorrow and trouble that they shall be recovered, and that their ‘spirit shall be saved in the day of the Lord Jesus.’” (= ‘Aku tidak akan mengambilnya sama sekali dari dia’. ... Text ini mengandung suatu prinsip yang sangat penting berkenaan dengan penanganan Allah terhadap umatNya. Prinsipnya adalah bahwa jika orang-orang dipertobatkan, jika mereka dalam faktanya menjadi umatNya - Ia tidak akan membiarkan mereka murtad sepenuhnya dan binasa. Mereka bisa dibiarkan untuk mundur; mereka bisa jatuh ke dalam dosa, tetapi mereka tidak akan diijinkan untuk berjalan begitu jauh sehingga murtad seluruhnya. Mereka akan dibawa kembali lagi. Apapun metode yang bisa diperlukan untuk ini, akan diambil. Perintah; peringatan; protes / bujukan; pengalaman mereka sendiri; nasehat dari orang lain; pengaruh dari Roh Kudus; penghakiman dan bencana; penyakit; kehilangan harta; kehilangan melalui kematian; kekecewaan; rasa malu; yang manapun dari hal-hal ini, atau semua hal-hal ini, bisa diusahakan untuk membawa mereka kembali; tetapi mereka akan dibawa kembali. Allah, dalam belas kasihan dan dalam kasih, akan mengunjungi mereka sedemikian rupa dengan kesedihan dan kesukaran sehingga mereka akan dipulihkan, dan supaya ‘roh mereka akan diselamatkan pada hari Tuhan Yesus’).

Bdk. 1Kor 5:4-5 - “(4) Bilamana kita berkumpul dalam roh, kamu bersama-sama dengan aku, dengan kuasa Yesus, Tuhan kita, (5) orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.”.

 

C. H. Spurgeon (tentang Maz 89): Ver. 32. ‘Then will I visit their transgressions with the rod.’ ... He hates sin too much not to visit it, and he loves his saints too well not to chasten them. ... As sin is so frequent, the rod never rests long together; in God’s family the rod is not spared, or the children would be spoiled” (= Ay 33. ‘maka Aku akan mengunjungi pelanggaran mereka dengan tongkat’. ... Ia terlalu membenci dosa untuk tidak mengunjunginya, dan Ia mengasihi orang-orang kudus terlalu baik untuk tidak menghajar mereka. ... Karena dosa begitu sering, tongkat tidak pernah berhenti / beristirahat lama; dalam keluarga Allah tongkat tidak dihemat, atau anak-anak akan dimanjakan / dirusak).

 

C. H. Spurgeon (tentang Maz 89): Ver. 33. ‘Nevertheless.’ And a glorious nevertheless too! ‘Nevertheless my lovingkindness will I not utterly take from him.’ O glorious fear killing sentence! This crowns the covenant with exceeding glory. Mercy may seem to depart from the Lord’s chosen, but it shall never altogether do so. Jesus still enjoys the divine favour, and we are in him, and therefore under the most trying circumstances the Lord’s lovingkindness to each one of his chosen will endure the strain. If the covenant could be made void by our sins it would have been void long ere this; and if renewed its tenure would not be worth an hour’s purchase if it had remained dependent upon us. God may leave his people, and they may thereby suffer much and fall very low, but utterly and altogether he never can remove his love from them; for that would be to cast a reflection upon his own truth, and this he will never allow, for he adds, ‘nor suffer my faithfulness to fail.’ Man fails in all points, but God in none. To be faithful is one of the eternal characteristics of God, in which he always places a great part of his glory: his truth is one of his peculiar treasures and crown jewels, and he will never endure that it should be tarnished in any degree. This passage sweetly assures us that the heirs of glory shall not be utterly cast off. Let those deny the safety of the saints who choose to do so, we have not so learned Christ. We believe in the gospel rod, but not in the penal sword for the adopted sons” (= Ay 32. ‘Namun / sekalipun demikian’. Dan suatu ‘namun / sekalipun demikian’ yang mulia! ‘Namun kebaikanKu yang penuh kasih tidak akan Kuambil sama sekali dari dia’. Betul-betul suatu kalimat mulia yang membunuh rasa takut! Ini memahkotai perjanjian dengan kemuliaan yang berlimpah-limpah. Belas kasihan bisa kelihatannya meninggalkan orang-orang pilihan Tuhan, tetapi itu tidak akan pernah sama sekali berbuat demikian. Yesus tetap menikmati kebaikan ilahi, dan kita ada dalam Dia, dan karena itu, di bawah keadaan yang paling mencobai, kebaikan yang penuh kasih dari Tuhan kepada setiap orang pilihanNya akan menahan ketegangan itu. Seandainya perjanjian itu bisa dibatalkan oleh dosa-dosa kita, perjanjian itu akan sudah batal jauh sebelum ini; dan jika diperbaharui kedudukannya tidak akan mempunyai nilai pembelian 1 jam jika itu tetap tergantung kepada kita. Allah bisa meninggalkan umatNya, dan oleh hal itu mereka bisa banyak menderita dan jatuh sangat dalam, tetapi Ia tidak pernah bisa sepenuhnya dan sama sekali menyingkirkan kasihNya dari mereka; karena itu akan memberikan suatu bayangan / celaan pada kebenaranNya sendiri, dan ini Ia tidak akan pernah ijinkan, karena Ia menambahkan, ‘ataupun mengijinkan kesetiaanKu untuk gagal’. Manusia gagal dalam banyak hal, tetapi Allah tidak pernah gagal dalam apapun. Setia adalah salah satu dari karakteristik yang kekal dari Allah, dalam mana Ia selalu menempatkan sebagian besar dari kemuliaanNya: kebenaranNya merupakan salah satu harta khusus dan permata terbaikNya, dan Ia tidak akan pernah tahan bahwa itu dinodai / dipudarkan dalam tingkat apapun. Text ini dengan manis menjamin / meyakinkan kita bahwa pewaris-pewaris dari kemuliaan tidak akan sepenuhnya dibuang. Biarlah mereka menyangkal keamanan dari orang-orang kudus yang memilih untuk bersikap demikian, tetapi kami tidak belajar demikian dari Kristus. Kami percaya kepada tongkat Injil, tetapi tidak kepada pedang hukuman bagi anak-anak yang diadopsi).

Maz 89:32 (KJV): Nevertheless my lovingkindness will I not utterly take from him, nor suffer my faithfulness to fail’ (= Namun / sekalipun demikian kebaikanKu yang penuh kasih tidak akan Kuambil sama sekali dari dia, ataupun mengijinkan kesetiaanKu untuk gagal).

 

C. H. Spurgeon: Ver. 33. ‘Nevertheless my lovingkindness,’ etc. Except the covenant of grace had this article in it for remission of sin and for fatherly correction, to drive unto repentance, that the penitent person coming to God by faith might have sin forgiven him and lovingkindness shown to him; this covenant should fail us no less than the covenant of works. - David Dickson (= Ay 33. ‘Namun / sekalipun demikian kebaikanKu yang penuh kasih’, dsb. Kecuali perjanjian kasih karunia mempunyai bagian ini di dalamnya untuk pengampunan dosa dan untuk koreksi kebapaan, untuk mendorong pada pertobatan, supaya orang-orang bertobat yang datang kepada Allah oleh iman bisa diampuni dosanya dan kebaikan yang penuh kasih ditunjukkan kepadanya; maka perjanjian ini akan menjatuhkan kita sama seperti perjanjian perbuatan baik).

Catatan: ‘covenant of works’ (= perjanjian perbuatan baik) merupakan lawan dari ‘covenant of grace’ (= perjanjian kasih karunia). ‘Covenant of works’ (= perjanjian perbuatan baik) hanya ada pada saat Adam masih belum jatuh ke dalam dosa.

 

C. H. Spurgeon: Ver. 33. ‘I will not utterly take from him.’ Why ‘from him?’ Because all God’s lovingkindness to his people is centred in Christ. Does God love you? it is because he loves Christ; you are one with Christ. Your transgressions are your own; they are separate from Christ; but God’s love is not your own; it is Christ’s: you receive it because you are one with him. How beautifully that is distinguished here - ‘If they transgress, I will punish them; but my lovingkindness will I not take from him’ - in whom alone they find it; and in union with whom alone they enjoy it. - Capel Molyneux (= Ay 33. ‘Aku tidak akan sepenuhnya mengambil dari Dia’. Mengapa ‘dari Dia’? Karena seluruh kebaikan yang penuh kasih dari Allah kepada umatNya berpusat kepada Kristus. Apakah Allah mengasihi kamu? itu karena Ia mengasihi Kristus; kamu adalah satu dengan Kristus. Pelanggaran-pelanggaranmu adalah milikmu sendiri; pelanggaran-pelanggaran itu terpisah dari Kristus; tetapi kasih Allah bukanlah milikmu sendiri; itu adalah milik Kristus: kamu menerimanya karena kamu satu dengan Dia. Betapa dengan indahnya hal itu dibedakan di sini - ‘Jika mereka melanggar, Aku akan menghukum mereka; tetapi kebaikanKu yang penuh kasih tidak akan Aku ambil dari Dia’ - dalam Dia saja mereka mendapatkannya; dan dalam persatuan dengan Dia saja mereka menikmatinya. - Capel Molyneux).

Catatan: saya meragukan kebenaran kata-kata Spurgeon di atas ini, karena Allah bukannya mengasihi kita sejak kita percaya kepada Kristus. Ia sudah mengasihi kita pada waktu kita masih ada dalam dosa (Ro 5:8 - “Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.”). Tetapi mungkin Spurgeon meninjaunya dari sudut rencana Allah / predestinasi.

 

C. H. Spurgeon: Ver. 33. ‘From him.’ The words, ‘Nevertheless my lovingkindness will I not utterly take from him,’ are worthy of consideration; for the question being about those who are chastised, it would appear that he should have written, ‘from them,’ and not ‘from him.’ But the prophet has thus worded it, because, being the children and members of his Christ, the favours which God bestows upon us belong to him in some manner; and it seems that the Psalmist wishes to show us hereby, that it is in Jesus Christ, and for love of him alone, that God bestows favours on us. And that which follows, in Psalm 89:34 verse, agrees herewith, - ‘My covenant will I not break’ - for it is properly to Jesus Christ, on account of his admirable obedience, that God the Father has promised to be merciful to our iniquities, and never to leave one of those to perish who are in covenant with him. - Jean Daille (= Ay 33. ‘Dari Dia’. Kata-kata ‘Namun / sekalipun demikian kebaikanKu yang penuh kasih tidak akan sepenuhnya Aku ambil dari Dia’, merupakan sesuatu yang layak direnungkan; karena persoalan tentang mereka yang dihajar, kelihatannya ia seharusnya menuliskan ‘dari mereka’, dan bukan ‘dari Dia’. Tetapi sang nabi memberi kata-kata seperti itu, karena sebagai anak-anak dan anggota-anggota dari KristusNya, kebaikan yang Allah berikan kepada kita adalah milikNya dalam cara tertentu; dan kelihatannya sang Pemazmur ingin menunjukkan kepada kita melalui hal ini, bahwa adalah dalam Yesus Kristus, dan demi kasih untuk Dia saja, bahwa Allah memberikan kebaikan kepada kita. Dan yang selanjutnya, dalam Maz 89:35, sesuai dengan ini, - ‘PerjanjianKu tidak akan Aku langgar’ - karena adalah benar bagi Yesus Kristus, karena ketaatanNya yang patut dikagumi, bahwa Allah Bapa telah berjanji untuk bersikap penuh belas kasihan pada kesalahan-kesalahan kita, dan tidak pernah meninggalkan satupun dari mereka untuk binasa, yang ada dalam perjanjian dengan Dia. - Jean Daille).

 

Calvin (tentang Maz 89:33): “‘My lovingkindness or mercy will I not withdraw from Him.’ It ought surely to have been said, ‘them’ instead of ‘him,’ since it is ‘children’ in the plural number who are before spoken of. But it is very probable that this form of expression is purposely employed to teach us that we are reconciled to God only through Christ; and that if we would expect to find mercy, we must seek for it from that source alone” (= ‘KebaikanKu yang penuh kasih atau belas kasihanKu tidak akan Aku tarik dari Dia’. Pasti seharusnya dikatakan ‘mereka’ dan bukannya ‘Dia’, karena adalah ‘anak-anak’ dalam bentuk jamak yang sebelumnya dibicarakan. Tetapi adalah mungkin bahwa bentuk ungkapan ini secara sengaja digunakan untuk mengajar kita bahwa kita diperdamaikan dengan Allah hanya melalui Kristus; dan bahwa jika kita ingin mengharapkan untuk mendapatkan belas kasihan, kita harus mencarinya dari sumber itu saja).

 

Jadi, ay 14b ini menunjukkan bahwa sekalipun orang percaya berbuat dosa, keselamatan mereka tidak bisa hilang. Allah hanya menghajar, bukan membuang, mereka. Dan ay 15 di bawah ini lebih menekankan hal ini lagi.

 

 

 

-bersambung-

 

Author : Pdt. Budi Asali,M.Div.

E-mail : [email protected]

e-mail us at [email protected]

http://golgothaministry.org

Link ke Channel Video Khotbah2 Pdt. Budi Asali di Youtube:

https://www.youtube.com/channel/UCP6lW2Ak1rqIUziNHdgp3HQ

Channel Live Streaming Youtube :  bit.ly/livegkrigolgotha / budi asali